Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang Viral

Sonia Basoni - detikFood Senin, 04 Feb 2019 16:10 WIB
Foto: dok. detikFood/Istimewa Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta - Durian J-Queen tengah menjadi pusat perhatian. Tidak hanya di Indonesia, bahkan terkenal di mancanegara. Kira-kira bagaimana rasa durian mahal yang satu ini?

Berawal dari harga durian yang dijual Rp 14 juta per buahnya di Tasikmalaya. Durian J-Queen asal Banyumas, Jawa Tengah, berhasil menyita perhatian banyak orang. Setelah viral di internet, durian langka ini juga turut menjadi pemberitaan di beberapa media internasional ternama.

Baca Juga: Di Tasikmalaya Durian Asal Banyumas Ini Dihargai Rp 14 Juta Sebuah, Mau Beli?
Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang ViralFoto: Istimewa
Banyak yang penasaran, seperti apa rasa dari durian seharga sepeda motor ini?

Menurut komunitas Durian Traveler Indonesia yang berkesempatan mencicipi durian J-Queen. Menurut mereka membedakan durian ini dengan varietas durian lainnya tentunya terletak di tekstur dan rasa.

Durian J-Queen memiliki tekstur daging yang lebih tebal, dan rasa yang lebih gurih. Namun dibandingkan durian jenis lainnya, rasa dari durian J-Queen ini tidak terlalu pahit sehingga rasanya cenderung manis. Ini justru jadi unsur kekurangan dari durian ini.
Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang ViralFoto: CNN Indonesia
"Karena bagi saya durian yang enak itu pertama manis dulu, terus ada sedikit creamy, gurih, dan sensasi after taste atau jejak rasa pahit yang membuat kita ketagihan. Tapi di durian ini (durian J-Queen), saya tidak menemukan hal itu. Hanya rasa manis saja, sehingga rasanya giung (terlalu manis)," tutur Sigit Purwanto selaku ketua Komunitas Durian Traveler Indonesia dikutip dari CNN Indonesia (02/02).

Sementara untuk masalah ukuran dan bentuk, durian J-Queen tampak sama dengan durian lokal lainnya. Bahkan ukuran biji durian J-Queen, sama dengan ukuran biji durian jenis Bawor dan Tembaga.

Keunggulan lain yang dimiliki J-Queen karena sudah berulang kali menjadi juara kontes durian. Juga jumlahnya yang sedikit, dan tidak bisa dibudidayakan membuat harganya semakin melonjak tajam. Apalagi durian J-Queen hanya bisa berbuah tiga tahun sekali.
Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang ViralFoto: dok. detikFood/Istimewa
"Kriteria durian unggul ada tiga, tentu yang diharapkan dari para peminat durian ini adalah rasa manis, gurih, dan sedikit pahit untuk melengkapi. Jadi unsur rasa atau umami, yang memegang peranan paling penting," ungkap Reza Tirtawinata, selaku Direktur Yayasan Durian Nusantara yang telah mengamati perkembangan durian di Indonesia selama 30 tahun terakhir.

Reza sendiri mengatakan bahwa semua kriteria unggul, ditemukan dalam durian J-Queen. Namun jika masalah rasa, Reza mengaku bahwa rasa durian J-Queen hampir sama dengan durian pada umumnya, dan tidak ada yang spesial dari durian seharga Rp 14 juta ini.

Meski memiliki rasa yang tak terlalu berbeda dan harga yang sangat mahal, peminat durian J-Queen di Indonesia masih tinggi. Bahkan banyak penggemar durian yang berlomba-lomba untuk mendapatkan durian langka ini.

Baca Juga: Heboh Durian Madu Racun, Beratnya 15 Kg dan Lezatnya Bikin Nagih



(sob/odi)