Apel Berubah Warna Setelah Dipotong? Ini Tips untuk Mencegahnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 04 Jun 2020 09:00 WIB
Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika Dipotong Foto: iStock
Jakarta -

Apel kerap berubah warna setelah dikupas dan dipotong, namun ada beberapa cara untuk mengakalinya. Seperti direndam air garam, soda, dan jus apel.

Apel merupakan salah satu buah yang rutin dikonsumsi banyak orang. Rasanya yang manis asam ternyata punya beragam manfaat untuk kesehatan. Apel juga dapat membuat kenyang dan kerap jadi camilan sehat untuk mereka yang sedang berdiet.

Untuk mengonsumsinya biasanya orang-orang langsung menggigit apel tanpa mengupasnya terlebih dahulu. Namun ada juga yang lebih suka jika apel dipotong, dengan atau tanpa kulit.

Bagi mereka yang senang memotong apel saat menyantapnya biasanya apel tersebut akan berubah warna jika tak segera disantap. Saat sudah berubah warna, apel tak terlihat menarik selera lagi dan tak jarang malah dibuang.

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongTips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika Dipotong Foto: Istimewa

Baca Juga: Agar Awet Segar Simpan Sayuran dan Buah dengan Cara Ini

Namun untuk mengakalinya ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Dilansir dari The Sun (29/5), seorang wanita mengunggah foto di grup Facebook bernama Lunchbox Ideas Australia. Foto tersebut memperlihatkan 8 potong kecil apel hijau yang direndam di 4 jenis air yang berbeda.

Ada yang direndam menggunakan jus apel, air garam, air putih, hingga air soda. Keempat jenis air tersebut bisa digunakan agar apel tak berubah warna setelah dipotong.

Netizen di grup Facebook tersebut banyak yang menanggapi unggahan itu. Ada yang mengatakan kalau perendaman apel dengan air garam benar-benar berhasil membuat apel tak berubah warna.

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongTips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika Dipotong Foto: Istimewa

Ada juga yang memberikan tips kalau apel yang telah dipotong lalu disatukan membentuk apel utuh, kemudian diikat mengunakan karet atau pita tak akan membuat apel menjadi kecokelatan.

Selain apel, ada juga tips untuk menyegarkan kembali stroberi yang sudah mulai berubah warna. Tips tersebut dibagikan oleh seorang wanita bernama Brittany King di Facebook.

Tips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika DipotongTips Agar Apel Tak Berubah Warna Ketika Dipotong Foto: Istimewa

Ia merendam beberapa buah stroberinya ke dalam air dingin dengan bongkahan es batu. Stroberi tersebut ia rendam selama 20 menit dan saat ditiriskan warnanya kembali cantik dan segar.

Baca Juga: Apa Benar Air Dingin Bisa Kembalikan Kesegaran Stroberi? Yuk, Buktikan!



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)