ADVERTISEMENT

Lebaran di Rumah Aja

Es Selendang Mayang Bisa Jadi Suguhan Lebaran yang Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 23 Mei 2020 07:00 WIB
Es Selendang Mayang Bisa Jadi Suguhan Lebaran yang Segar
Foto: iStock

5. Resep Es Selendang Mayang yang Mudah Dibuat

Jika sulit menemukan es selendang mayang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemui. Untuk membuatnya pun terbilang cukup mudah dan bisa disajikan dalam porsi yang banyak.

Bahan-bahan yang digunakan:
Adonan Kue:
500 ml santan kelapa
50 gram tepung hunkwe
25 gram tepung beras
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam
2 sdm gula pasir
Pasta pandan secukupnya
Pewarna merah secukupnya

Bahan saus dan kuah:
150 gram gula merah
50 gram gula pasir
100 ml air putih
2 lbr daun pandan
250 ml santan
garam secukupnya

Cara membuatnya:

1. Pertama, buat adonan kue untuk es selendang mayang. Campurkan santan kelapa, tepung hunkwe, tepung bers, vanili, garam, dan gula pasir. Aduk sampai merata dan masak sampai meletup-letup kemudian angkat.
2. Bagi 3 bagian sama banyak. Bagian pertama tambahkan pasta pandan dan aduk rata. Bagian kedua tambahkan pewarna makanan merah dan aduk rata. Bagian 3 biarkan berwarna putih saja.
3. Kemudian tuang adonan hijau ke atas wadah yang telah dilapisi plastik. Dilanjutkan adonan berwarna putih dan yang terakhir adonan merah. Diamkan hingga mengeras dan dingin.
4. Siapkan saus gula merah dengan memasak gula merah, gula pasir, air putih, dan daun pandan agar aromanya wangi. Masak hingga tercampur rata dan angkat setelah mendidih.
5. Untuk kuah santan, Anda tinggal masak santan kelapa, daun pandan, dan garam secukupnya. Jika kurang cair bisa tambahkan air secukupnya. Masak hingga mendidih dan angkat.
6. Setelah semua bahan siap, ambil mangkuk saji atau gelas saji. Isi dengan es batu, kue selendang mayang, dan siram dengan kuah santan cair serta saus gula merah.
7. Es selendang mayang yang manis dan menyegarkan pun bisa jadi pelepas dahaga saat berbuka puasa. Bisa juga disajikan saat lebaran tiba.

(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT