Video TikTok Ini Tunjukkan Cara Mencuci Strawberry untuk Basmi Serangga

Riska Fitria - detikFood Jumat, 22 Mei 2020 04:00 WIB
cara mencuci strawberry Foto: TikTok @callmekristatorres
Jakarta -

Seorang pengguna TikTok mengungkap cara yang benar mencuci strawberry. Tak disangka membuat serangga di dalamnya menggeliat keluar.

Sebelum dimakan, sebaiknya buah atau sayur lebih dulu dicuci dengan benar. Begitupula ketika ingin makan buah strawberry. Berwarna merah segar tidak menjamin bahwa buah tersebut bersih dari serangga.

Untuk memastikannya kamu dapat mencuci buah strawberry dengan cara direndam di dalam air garam yang sudah dilarutkan. Air garam akan membuat serangga yang ada di dalam buah strawberry menggeliat sehingga keluar dari permukaan dengan sendirinya.

cara mencuci strawberrycara mencuci strawberry Foto: TikTok @callmekristatorres


Cara mencuci strawberry ini diungkap oleh pengguna TikTok @callmekristatorres. Dalam video singkatnya ia memperlihatkan bagaimana serangga kecil yang keluar dari permukaan buah strawberry setelah direndam dengan air garam.

"Saya terkejut menemukan serangga melihat strawberry menggunakan alat stereomicroscope. Sampai akhirnya ada saya diberitahu bahwa untuk mencuci buah strawberry adalah dengan air garam," ujar pengguna TikTok, seperti yang dikutip dari Boredpanda (20/05).

Baca Juga : 5 Tips Cuci Buah dan Sayur yang Perlu Kamu Tiru di Rumah


Video cara mencuci strawberry itu membuktikan bahwa membilasnya dengan air saja tidak cukup. Padahal cara tesebut yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

cara mencuci strawberrycara mencuci strawberry Foto: TikTok @callmekristatorres


Dalam artian selama bertahun-tahun banyak orang yang secara tak sengaja memakan serangga menjijikan yang ada di dalam buah strawberry. Video tersebut menjadi viral dan banyak diikuti oleh netizen lain untuk membuktikan kebenarannya.

Semenjak mengetahui cara mencuci strawberry, pengguna TikTok tersebut menjadi sedikit parno saat makan strawberry setelah mengetahui kebenarannya. Meskipun ia menyebut bahwa hal ini adalah wajar.

"Strawberry yang kita makan ini tumbuh dari tanah dan kita tidak harus menghindarinya. Bagaimanapun saya suka strawberry. Saya berencana untuk mencoba semua metode mencuci strawberry yang direkomendasikan beberapa orang," ujarnya.

cara mencuci strawberrycara mencuci strawberry Foto: TikTok @callmekristatorres


Pasalnya beberapa netizen ada yang menyarankan untuk mencuci dengan air dingin, air dingin, hingga air cuka. Apalagi bukan hanya serangga dan kotoran saja yang harus dikhawatirkan.

Jika strawberry yang kamu beli bukan organik karena penggunaan pestisida, kamu bisa menambahkan cuka putih ke dalam air. Dengan begitu akan meminimalkan jumlah bahan kimia yang ada di buah strawberry.

Baca Juga : Amankah Mencuci Sayur dan Buah Pakai Sabun untuk Cegah Virus Corona?



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)