Bali Ning Solo Bareng Detikcom, Ada 5 Oleh-oleh Khas Menanti!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 21 Mei 2020 17:00 WIB
Oleh-oleh Solo Foto: Instagram lenthosolo
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja
Jakarta -

Warga Solo yang tak bisa mudik tahun ini bisa obati kangen dengan pulang kampung digital bareng detikcom. Apalagi ada oleh-oleh khas enak menanti!

Tunda mudik pada lebaran tahun ini perlu dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Meski begitu, lebaran bisa tetap meriah lewat Pulang Kampung Digital yang diadakan detikcom.

Warga Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan Bandung bisa obati kangen pada kampung halaman lewat bincang-bincang menarik sekaligus oleh-oleh yang akan dikirim ke rumah.

Di Solo, 'pulang kampung' kamu akan ditemani Ganjar Pranowo, F.X. Hadi Rudyatmo, dr. Tirta, Dori Harsa, Doel Pecas Ndahe, Kocrit Pecas Ndahe, Londo Berseri, sampai Wawan Teamlo. Ada juga Endah Laras, Elizabeth Sudira, Adit Sayuti OB, Udin Penyok Padat Karya, Topik Fisip Meraung, dan Wawin Laura.

Tiket tersedia dalam pilihan Nebeng, Bus, Kereta, dan Pesawat. Nah, bagi yang memilih tiket selain Nebeng akan mendapatkan banyak oleh-oleh khas Solo yang enak. Lima berikut termasuk di antaranya.

1. Roti Ganjel Rel Kayu Manis

Oleh-oleh SoloOleh-oleh Solo Foto: Instagram dapoersikoko

Roti ganjel rel juga dikenal dengan nama roti gambang. Bentuknya kotak dengan tekstur padat, mirip balok pengganjal atau bantalan rel. Roti ini memiliki ciri khas taburan wijen di atasnya.

Roti ganjel rel harum karena dibuat dengan kayu manis. Warna cokelatnya didapat dari pemakaian gula merah. Paling enak menikmati roti ini dengan celupan kopi atau teh panas. Roti ganjel rel mudah dipesan online. Banyak toko menjualnya, termasuk dari Semarang.

Baca Juga: Bangga! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

2. Lentho Solo

Oleh-oleh SoloOleh-oleh Solo Foto: Instagram lenthosolo

Oleh-oleh Solo ini terbuat dari kacang. Lentho bentuknya seperti perkedel dengan bahan baku seperti singkong, kacang tholo, kacang tanah, atau kacang hijau yang digoreng. Lentho biasanya jadi pelengkap soto atau lontong balap.

Selain itu, lentho juga bisa dinikmati langsung sebagai camilan. Di Lentho Solo tersedia varian rasa kekinian seperti original, BBQ, dan pedas. Kemasannya praktis dengan seal plastik yang cocok jadi oleh-oleh. Harganya mulai dari Rp 12.000 per buah di situs marketplace.

3. Wader goreng crispy

Oleh-oleh SoloOleh-oleh Solo Foto: Instagram nyahcen

Mau beli oleh-oleh Solo yang tahan lama dan bisa dijadikan lauk? Wader goreng crispy jadi pilihan pas. Terbuat dari ikan wader yang digoreng tepung sehingga bagian luarnya renyah gurih.

Ukuran ikan wader yang mungil membuat oleh-oleh ini juga cocok dijadikan camilan. Selain rasa original, wader goreng crispy juga dijajakan dalam rasa BBQ sampai pedas. Di Solo, keripik ikan goreng wader cap Yu Sri ukuran 200 gram dijual Rp 17.500 di situs marketplace.

Baca Juga: Wader, Si Kecil yang Renyah Enak Jadi Camilan!

4. Balung Kethek

Oleh-oleh SoloOleh-oleh Solo Foto: Instagram dapur.dhedul

Dalam bahasa Jawa, balung kethek berarti tulang monyet. Tapi oleh-oleh Solo ini bukan terbuat dari tulang monyet sungguhan melainkan istilah untuk keripik singkong. Irisannya tipis-tipis dengan tekstur renyah.

Di Solo, balung kethek salah satunya dijajakan di Dapur Dhedul. Teksturnya dijamin tidak keras. Paling enak jadi teman ngopi atau sekadar camilan sambil nonton TV. Rasanya ada yang pedas manis dengan harga Rp 13.000 per 250 gram. Balung kethek bisa dikirim ke luar kota.

5. Ampyang

Oleh-oleh SoloOleh-oleh Solo Foto: Instagram ampyang.solo

Satu lagi oleh-oleh Solo yang layak dicoba. Ampyang adalah oleh-oleh Solo yang renyah, manis, dan legit. Ampyang dibuat dari gula Jawa dan kacang tanah sebagai bahan utamanya. Biasanya ampyang dinikmati bersama secangkir teh atau kopi panas.

Di ampyang.solo, ampyang berisi banyak kacang tanah ukuran besar. Bisa dikirim ke luar kota. Harganya Rp 31.000 untuk kemasan 1 kilo gram. Atau Rp 68.000 untuk 2,5 kilo gram.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja