Bangga! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 18 Okt 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Roti gambang berhasil masuk daftar 50 roti terbaik di dunia versi CNN. Roti gambang digambarkan dengan aroma kayu manis yang menggugah selera.

Tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Roti Sedunia atau World Bread Day. Roti memiliki sejarah panjang hingga kini bisa dinikmati di banyak negara termasuk Indonesia. Dikutip dari CNN (16/10), sejarawan roti William Rubel mengatakan roti sebenarnya bergantung pada budaya di tiap negara.

Bangga! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di DuniaFoto: iStock

"(Roti) tidak harus dibuat dari jenis tepung tertentu," kata Rubel. Ia lebih senang melihat pada apa yang "dilakukan roti". Seperti ketika roti jadi bekal saat pergi ke ladang, digunakan untuk memberi makan tentara, hingga makanan simpanan untuk musim dingin.

Dalam memperingati Hari Roti Sedunia, CNN mengeluarkan daftar 50 roti terbaik di dunia atau 50 of the world's best breads. Daftarnya dirilis berdasarkan alfabet negara asal roti tersebut. Tiap jenis roti ternyata memiliki bahan dan kisah unik di baliknya.

Baca Juga: Masuk Daftar 'Dessert' Paling Enak, Cendol Diklaim dari Singapura

Bangga! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di DuniaFoto: Istimewa

Dari Indonesia, ada roti gambang yang berhasil masuk. Roti ini dideskripiskan dengan kalimat, "Gula aren dan kayu manis memberikan rasa manis dan aromatik yang ringan pada roti gambang, roti lembut yang menjadi favorit di toko roti kuno di Jakarta."

CNN juga menyinggung nama 'gambang' yang merujuk pada alat musik tradisional Indonesia. "Untuk resepnya, pembuat (roti gambang) melihat kembali ke era kolonial: Dari cookies liburan berempah sampai stik keju dengan Gouda atau Edam, pembuatan kue di Indonesia telah mengadaptasi bahan-bahan dan teknik Belanda dengan selera lokal," sebut deskripsi CNN.

Bangga! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di DuniaFoto: Istimewa

Roti gambang merupakan roti khas Semarang dengan nama lain ganjel rel. Disebut ganjel rel karena bentuknya kotak dengan tekstur padat, mirip balok pengganjal atau bantalan rel. Ciri khas roti gambang adalah diberi taburan wijen.

Warna cokelatnya didapat dari penggunaan gula merah dan kayu manis. Aroma wanginya tercium kuat sehingga membuat banyak pencinta roti klasik selalu mencarinya. Tekstur roti gambang cenderung keras dan bikin seret saat ditelan.

Karenanya beberapa orang kerap menikmati roti gambang dengan cara dicelup dulu pada kopi atau teh hangat. Cara ini memungkinkan tekstur roti menjadi lebih lunak dan mudah digigit.

Bangga! Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di DuniaFoto: Istimewa

Di kalangan masyarakat Betawi, roti gambang juga populer. Bahkan nama 'gambang' konon diambil dari nama alat musik khas Betawi. Alat musik ini terbuat dari besi atau batangan kuningan yang disusun berjejer. Gambang merupakan salah satu alat musik wajib dalam kesenian musik Gambang Kromong.

Masuknya roti gambang dalam 50 roti terbaik di dunia tentu bikin bangga. Apalagi dalam daftar ini, roti gambang bersanding dengan baguette dari Prancis, paratha dari India, ciabatta dari Italia, sampai kare pan dari Jepang.

Baca Juga: Dari Tradisi Dugderan Ada Ganjel Rel yang Empuk Wangi


Simak Video "Roti Gambang dari Indonesia Masuk '50 Roti Terbaik Dunia' Versi CNN"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)