Masuk Daftar 'Dessert' Paling Enak, Cendol Diklaim dari Singapura

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 04 Des 2018 12:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Baru-baru ini cendol masuk ke dalam daftar 50 hidangan penutup (dessert) terenak dari seluruh dunia. Tapi cendol justru diklaim berasal dari Singapura.

Setelah perdebatan tentang budaya kuliner kaki lima atau hawker centre yang direbutkan Singapura dan Malaysia, kini dua negara ini kembali berdebat tentang cendol.

Baca Juga: 'Hawker Culture' Dinominasikan Singapura ke UNESCO, Malaysia Protes Keras

Dilansir World of Buzz (03/12), es cendol merupakan hidangan penutup yang populer di Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Baru-baru ini CNN Travel mengeluarkan daftar berisi 50 hidangan penutup terbaik yang ada di seluruh dunia.
Masuk Daftar 'Dessert' Paling Enak, Cendol Diklaim dari SingapuraFoto: Istimewa
Cendol masuk ke dalam daftar tersebut, namun Singapura disebut sebagai negara asal cendol. Tak heran daftar ini menimbulkan perdebatan di antara negara Malaysia dan Singapura.

CNN Travel menjelaskan bahwa es cendol ini terdiri dari santan manis yang disajikan dengan sirup gula merah dan jelly hijau pandan yang terbuat dari tepung beras yang kenyal. Meski menyebutkan asal negara Singapura, tapi CNN menambahkan bahwa cendol dapat ditemukan di negara Asia Tenggara lainnya.

CNN Travel menambahkan pihaknya sengaja memilih cendol khas Singapura yang ditambahkan kacang merah di dalamnya. Namun, menurut orang Malaysia, cendol di negara mereka juga menggunakan kacang merah.
Masuk Daftar 'Dessert' Paling Enak, Cendol Diklaim dari SingapuraFoto: Istimewa
"CNN Travel seharusnya menyewa orang yang lebih paham tentang hal ini. Daftar ini membuat marah banyak orang Malaysia. Anda seharusnya lebih sensitif terhadap budaya di wilayah ini. Cendol bukan berasal dari Singapura," tulis seorang netizen di Twitter.

Cendol sendiri memang diklaim berasal dari negara Malaysia. Tapi banyak juga orang yang beranggapan bahwa asal usul cendol ini masih belum pasti. Karena cendol dapat juga ditemukan di Indonesia, dan dipercaya berasar dari bahasa Sunda Jawa yaitu 'jendol'.

"Diantara negara Malaysia atau Singapura, cendol pasti berasal dari negara Malaysia. Tapi cendol aslinya bisa jadi berasal dari pulau Jawa, yang berada di Indonesia," tutur netizen lainnya.
Masuk Daftar 'Dessert' Paling Enak, Cendol Diklaim dari SingapuraFoto: Istimewa
Menurut iFood, kata cendol pertama kali muncul di wilayah Malaysia pada tahun 1932. Sehingga ketika cendol diklaim berasal dari Singapura, banyak warga Malaysia yang geram dan tak terima.

Hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari CNN Travel yang menanggapi perdebatan asal muasal cendol. Tapi yang pasti, cendol merupakan hidangan manis tradisional yang populer di wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga: Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan Malaysia (sob/adr)