Mantap! Jajan Pecel Plus Aneka Gorengan dan Sate Enak di Pasar Baru

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 15 Mei 2020 17:00 WIB
Pecel Bu Ani Pasar Baru Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Beragam kuliner enak bisa ditemukan di Pasar Baru. Dari bakmi gaya China hingga jajanan pecel yang tak kalah legendaris.

Pasar Baru bisa menjadi pilihan untuk kulineran seru usai pandemi virus Corona berakhir di Jakarta. Salah satu perbelanjaan legendaris di Jakarta Pusat ini di setiap sudutnya dipenuhi makanan enak berusia puluhan tahun.

Baca Juga: Sudah Ada Sejak 1962, Bakmi Aboen Tetap Hits di Pasar Baru

Pecel Bu Ani Pasar BaruPecel Bu Ani Pasar Baru Foto: dok. detikFood

Bagi penggemar pecel dengan gorengan dan sate-satean yang lengkap, bisa mampir ke Pecel Bu Ani di dalam Pasar Baru tepatnya di depan toko Mustika Jaya.

Meski banyak penjual pecel di Pasar Baru, tapi pecel khas Madiun milik Bu Ani lah yang paling laris dan diantre banyak orang. Gerai pecel ini hanya menggunakan meja kayu dan kursi plastik sederhana.

Di atas meja terdapat pilihan gorengan seperti bakwan, tempe, lontong, bihun, mie goreng, sate kikil, dan sayuran rebus berupa kol, kangkung, hingga tauge. Tak ketinggalan pilihan aneka sate seperti sate telur puyuh, sate ati, hingga sate usus.

Pecel Bu Ani Pasar BaruPecel Bu Ani Pasar Baru Foto: dok. detikFood

"Saya sudah berjualan pecel di Pasar Baru sejak tahun 1992. Setiap hari tidak pernah tutup, meski ada hujan atau banjir pecel saya ini tetap buka," ujar Bu Ani kepada detikFood (11/03), sambil melayani pesanan pembeli.

Baca Juga: Nostalgia Jajan Es Potong hingga Es Shanghai di Pasar Baru

Menu yang paling populer di sini ada pecel sayur dengan tambahan lontong dan siraman kuah kacang yang kental dan pedas. Tak perlu tambah sambal, karena kuah kacang racikan Bu Ani ini sudah berhasil membuat lidah tersengat pedasnya.

Pecel Bu Ani Pasar BaruPecel Bu Ani Pasar Baru Foto: dok. detikFood

"Setiap harinya buka dari jam 3 sore sampai jam 8 malam. Biasanya saya baru tutup kalau yang belanja di Pasar Baru sudah sepi," lanjut Bu Ani yang juga menjual menu nasi seperti nasi Padang hingga nasi pincuk.

"Kalau dulu itu lebih ramai. Tapi sekarang Pasar Baru paling ramai di akhir pekan. Banyak juga orang-orang dulu yang masih belanja ke sini," ungkap Bu Ani.

Selain pecel sayurnya yang primadona, pecel gorengannya juga tak kalah menggugah selera. Potongan bakwan krispi dengan tempe goreng tepung yang renyah, dipadukan dengan gurih pedas sambal kacang yang kental membuat banyak orang ketagihan.

Pecel Bu Ani Pasar BaruPecel Bu Ani Pasar Baru Foto: dok. detikFood

"Biasanya orang-orang suka makan pecel pakai sate telur puyuh atau sate ati. Banyak juga yang minta tambah pakai mie goreng," pungkas Bu Ani.

"Saya langganan makan di sini kalau sedang belanja di Pasar Baru. Rasa pecelnya enak, sayurannya segar dan bumbu kacangnya gurih meski sedikit pedas," tutur Pak Ridho, salah satu pelanggan setia Pecel Bu Ani.

Pecel Bu Ani Pasar BaruPecel Bu Ani Pasar Baru Foto: dok. detikFood

Kisaran harga pecel Bu Ani sekitar Rp 15.000 - Rp 25.000 per porsinya tergantung lauk yang dipilih. Sementara untuk nasi rames Padang dan nasi pincuk kisaran harganya sekitar Rp 20.000 sudah bisa makan enak dan kenyang di Pasar Baru.

Selain Pecel Bu Ani, jangan lupa coba juga Bakmie Aboen, Soto Betawi Bang Mamat, Es Potong Mas Dedi, hingga Cakwe Ko Atek yang legendaris jika berkunjung ke Pasar Baru.

Baca Juga: Nikmatnya Soto Betawi Komplet di Dalam Gang Klenteng Pasar Baru



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)