Mengenal Pliek U, Hidangan Autentik Aceh Dari Ampas Kelapa

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Mei 2020 16:00 WIB
- Foto: Istimewa/Instagram
Jakarta -

Terkenal dengan rempah-rempahnya, Aceh punya banyak hidangan autentik yang lezat dan sudah menjadi warisan kuliner. Seperti pliek u salah satunya.

Lewat Instagram Live #NgobrolKulinerdiRumahAja di akun @williamwongso, pakar kuliner senior William Wongso membagikan sesi diskusi seru hingga belajar memasak berbagai hidangan bersama para ahli kuliner lainnya.

Baca Juga: Tambah Wawasan Kuliner Bisa Lewat IG Live William Wongso

Bersama Flora selaku pemilik Azakayaka Catering dari Banda Aceh, sesi diskusi kali ini membahas tentang Misteri Bumbu Kuliner Aceh (12/05).

-- Foto: Instagram

"Aceh ini merupakan wilayah atau tempat yang menggunakan rempah-rempah paling banyak dibandingkan daerah lainnya," tutur William dalam sesi Instagram Live.

Bahasan pertama soal pliek u. Pliek u merupakan salah satu hidangan yang merangkap sebagai bumbu di Aceh. Pliek u berasal dari ampas kering sisa minyak kelapa tua yang telah melalui beberapa kali proses pemerasan.

"Bagi orang Aceh, semua bagian kelapa bisa digunakan bahkan sampai ampasnya juga dipakai. Kuah pliek u kemudian diciptakan dengan memasukkan banyak rempah sehingga menghasilkan makanan yang luar biasa enaknya," ungkap Flora.

-Ampas kelapa. Foto: Si Gam

Flora mengungkapkan bahwa selain populer dijadikan hidangan kuah atau gulai, pliek u juga bisa menjadi bumbu penyedap di berbagai makanan sampai minuman.

"Kalau kuah pliek u biasanya menggunakan sayuran seperti daun atau buah melinjo. Kemudian bisa juga pakai pepaya muda, bahkan ada yang menggunakan labu Jepang. Kalau suka bisa juga masukkan kerang ke pliek u." jelas Flora sambil menunjukkan cara memasak pliek u di dapurnya.

"Bumbu halus untuk membuat sayur pliek u ada cabe merah, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunyit, jinten, adas dan ketumbar," lanjut Flora.

Bahan wajib lainnya ada santen dan ampas kelapa atau pliek u, daun jeruk, sereh, cabe rawit, udang dan garam.

"Pliek u harus disaring agar ampasnya tidak ikut masuk ke santan. Ampas pliek u tidak perlu diseduh dengan air panas sebelum dimasukkan ke santan, cukup digiling halus saja hingga menjadi bubuk," tambahnya.

-- Foto: Istimewa/Instagram

Setelah itu masukkan bumbu halus ke dalam santan, tak ketinggalan kecombrang dan daun jeruk untuk menambahkan aroma harum dari hidangan ini.

"Selain bahan-bahan di atas, kita juga pakai sereh, cabe ijo, dan udang yang sudah diberikan garam. Udang ini alternatif bisa pakai kerang atau keong sesuai selera. Fungsinya sebagai pemanis karena pliek u ini rempahnya sudah banyak sekali,"

Setelah semua bahan dimasukkan, didiaduk terus hingga pliek u mendidih lalu baru dimasukkan sayurannya. Fungsinya agar sayuran tidak terlalu lembek atau hancur saat dimasak.

makanan khas Acehmakanan khas Aceh Foto: 20Detik


"Ketika daun dan sayurannya sudah layu artinya pliek u siap disajikan. Pliek u ini juga bisa disimpan di kulkas selama 1-3 hari. Bahkan semakin sering dipanaskan, rasa dari pliek u ini akan lebih enak karena tekstur kuahnya kental dan lebih creamy," tutur Flora.

Kini kuah pliek u tidak hanya menjadi makanan sehari-hari masyarakat Aceh, namun juga kerap disajikan pada acara tertentu. Bahkan kini banyak toko online yang menjual bumbu pliek u siap masak bagi orang-orang yang ingin memasak kuah pliek u di rumah.

Selain membahas pliek u, Wiliam dan Flora juga mengenalkan hidangan Aceh lainnya seperti Sambal Asam Udeung hingga Mie Aceh yang terkenal.

Baca Juga: Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Gurih Rendang hingga Kari Bebek yang Enak di Sini



Simak Video "Icip Legit dan Manisnya Kue Tumpo Khas Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)