Usai Pandemi Corona, Restoran Michelin Favorit Seleb Ini Mungkin Tak Buka Lagi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Mei 2020 14:30 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Salah satu restoran terbaik di dunia dengan penghargaan tiga bintang Michelin di New York, dikabarkan tidak akan buka kembali. Meski pandemi COVID-19 berakhir.

Eleven Madison Park merupakan restoran favorit para selebriti ternama seperti Zayn Malik dan Gigi Hadid. Restoran mewah ini masuk ke dalam salah satu restoran terbaik di dunia pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Jadi Korban Rasis, Restoran Korea Michelin Star di New York Dirusak

Namun sejak pandemi COVID-19 menyerang Amerika Serikat, terutama New York, restoran ini akhirnya harus menutup pintu mereka sejak pertengahan bulan Maret lalu.

-- Foto: Istimewa

Menurut Daniel Humm, chef sekaligus salah satu pemilik Eleven Madison Park dibutuhkan banyak jutaan dolar untuk membuka kembali restoran ini. Karena itu masa depan restoran ini belum jelas.

"Kami perlu memperkerjakan lagi para pegawai. Saya bekerja dengan peralatan masak yang mewah dan dapur yang luas. Itu masuk akal," tutur chef asal Swiss ini dilansir dari Daily Mail UK (06/05).

Eleven Madison Park pertama kali menutup restoran mereka pada 16 Maret lalu. Daniel Humm mengutamakan keselamatan dan kesehatan para pegawainya, sekaligus mematuhi peraturan dari pemerintah kota New York.

-- Foto: Istimewa

Sejak saat itu Daniel kemudian mengubah restoran mewahnya menjadi dapur umum. Setidaknya ia membuat 3,000 makanan gratis setiap harinya untuk dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan di New York.

Ia sempat berpikir untuk membuka layanan pesan antar seperti restoran lainnya. Tapi menurutnya hal itu tidak terlalu penting.

"Saya tidak merasa bahwa dunia membutuhkan makanan Eleven Madison Park di dalam kotak makan yang mewah," tuturnya.

Padahal banyak restoran mewah di Manhattan lainnya yang menyediakan layanan pesan antar selama restoran mereka tutup.

"Saya tahu bahwa layanan pesan antar makanan tidak akan menghasilkan banyak uang. Sehingga saya tidak ingin melakukan hal itu, karena layanan makanan bukanlah hal yang kami biasa lakukan," ungkap Daniel yang terkenal dengan hidangannya yang sederhana namun memiliki cita rasa unik.

-- Foto: Istimewa

Meski kini ia masih mempertimbangkan untuk membuka kembali Eleven Madison Park, tapi ia positif akan mempertahankan restoran ini.

"Banyak restoran yang akan membutuhkan uang. Semuanya akan menjadi lebih lambat, tidak ada pekerjaan untuk semua orang. Tapi saya berharap kami akan bukakembali," lanjut Daniel yang juga mengelola restoran NoMad New York, NoMad Los Angeles dan Made Nice.

"Situasi ini juga bisa menjadi kesempatan untuk terus memberi makan orang-orang yang membutuhkan," Pungkas Daniel.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Kedai Mie Berusia 50 Tahun Ini Harus Tutup



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)