Sahur dan Buka Di Rumah Aja

Contek Dessert Alpukat yang Viral di TikTok Buat Buka Puasa

Riska Fitria - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 17:00 WIB
es alpukat Foto: istimewa
Jakarta -

Sekilas, dessert ini mirip seperti es teler dari Indonesia. Hanya saja, es teler menggunakan berbagai isian seperti kelapa muda, cincau, nangka dan santan.

Selain itu juga mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang tertarik untuk mencoba sebagai menu terbaru di masa karantina menggantikan menu dalgona coffee.

Kalau kamu bingung untuk menentukan menu takjil untuk buka puasa, kamu bisa mengikuti resep dessert alpukat yang mudah ini.

es alpukates alpukat Foto: istimewa


Baca Juga : Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak Kecokelatan


Pengguna TikTok menjadi viral setelah membagikan cara membuat hidangan penutup tradisional Vietnam dari alpukat. Bisa buat takjil buka puasa juga.

Buah alpukat memang bisa diolah menjadi berbagai kreasi hidangan. Mulai dari minuman, camilan, hingga dessert. Seperti yang viral dibuat oleh pengguna TikTok @bbymmii asal Vietnam yang tinggal di Amerika ini.

Melalui video yang diunggah di media sosial TikTok, wanita bernama Thảo My membagikan cara membuat dessert tradisional Vietnam berbahan alpukat. Videonya menjadi viral karena banyak netizen yang terpukau.

es alpukates alpukat Foto: istimewa


Pembuatan video tersebut berawal dari dirinya yang merasa bingung dengan kebiasaan orang Amerika saat mengonsumsi alpukat. Kebanyakan dari mereka, alpukat dijadikan campuran salad.

Sementara di Vietnam dan beberapa negara Asia termasuk Indonesia lebih sering mengolah alpukat menjadi olahan manis untuk dijadikan sebagai hidangan penutup.

Baca Juga : Alpukat Bisa Jadi Menu Buka Puasa Sehat, Ini Faktanya


"Karena di Vietnam, kami akan memakannya sebagai hidangan penutup. Jadi, hari ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana negara saya memakannya," ujarnya dalam video.

es alpukates alpukat Foto: istimewa


Nah, olahan alpukat ini bisa menjadi referensi sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Hanya memerlukan tiga bahan dan cara membuatnya juga mudah.

Bahan:
1 buah alpukat
Susu kental manis
Es batu yang dihancurkan

Cara membuat
1. Potong-potong buah alpukat seukuran gigitan ke dalam wadah.
2. Campurkan es baru yang sudah diserut atau dihancurkan.
3. Tuang susu kental manis secukupnya.
4. Aduk merata hingga buah alpukat menjadi agak hancur.
5. Dessert siap disajikan.

Video itu menjadi viral dan telah dilihat sebanyak 13,8 juta kali. Selain itu juga mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang tertarik untuk mencoba sebagai menu terbaru di masa karantina menggantikan menu dalgona coffee.

Sekilas, dessert tersebut mirip seperti es teler dari Indonesia. Hanya saja, es teler menggunakan berbagai isian seperti kelapa muda, cincau, nangka dan santan.

Kalau kamu bingung untuk menentukan menu takjil untuk buka puasa, kamu bisa mengikuti resep dessert alpukat yang mudah ini.

Baca Juga :Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak Kecokelatan



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya