Tasya Farasya Bagikan Resep Kopi Kecap yang Unik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Apr 2020 05:30 WIB
Resep kopi Tasya Farasya Foto: YouTube Tasya Farasya
Jakarta -

Tasya Farasya terkenal sebagai beauty influencer, namun sebagai pencinta kopi ia juga membagikan resep kopi andalannya. Ada yang dipadukan kecap manis sampai pisang. Kayak apa ya?

Selebgram sekaligus YouTuber kecantikan, Tasya Farasya mengunggah video terbaru. Bukan soal make-up melainkan eksperimennya membuat resep kopi enak di rumah. Video berjudul "Mencoba bikin kopi kecap dan resep kopi lainnya ! Vlog dirumah aja" ini sudah disaksikan lebih dari 187.000 kali saat berita ini dibuat.

"Aku penasaran banget mau cobain kopi pake kecap," katanya mengawali video. Wanita yang tengah hamil ini mengaku memang pencinta kopi dan kecap. "Gimana kalau kecap dan kopi bersatu? Enak nggak sih?," tanyanya.

Resep kopi Tasya FarasyaResep kopi Tasya Farasya Foto: YouTube Tasya Farasya

Baca Juga: Sensasi Paling Baru, Kopi Susu Campur Kecap Manis

Pertama, ia mencampur 2 sendok makan (sdm) kopi bubuk instan, 2 sdm gula pasir, dan 1 sdm kecap manis. Semuanya diaduk hingga rata. Setelah itu disajikan dalam gelas yang sudah ditambahkan kecap di sekelilingnya, es batu, dan susu segar.

Terakhir, larutan kopi kecap juga dituang di bagian atas minuman. Saat mencobanya, Tasya bilang, "Enak, nggak ada rasa kecapnya sih tapi. Enak sumpah, nggak lebay." Ia juga mengajak ibunya untuk mencicipi. "Mantap," sebut sang ibu yang sebenarnya tidak suka minum kopi.

Resep kopi Tasya FarasyaResep kopi Tasya Farasya Foto: YouTube Tasya Farasya

"Kayak salted caramel. Kalau salted caramel kan gurih ke asin, ini tuh gurih tapi gurihnya ke manis," tambah Tasya. Saudaranya yang juga ikut mencicipi kopi kecap bilang kalau racikan Tasya mirip rasa permen kopi terkenal.

Selanjutnya Tasya bikin kopi pakai santan. "Kopi 2 sdm, gula merah 1 sdm, gula pasir 2 sdm. Menurut aku ini udah paling enak komposisi manisnya," kata Tasya soal racikan resepnya. Untuk santan, ia menaruh langsung di gelas kopi. Baru kemudian dipadukan dengan es batu dan susu segar.

Resep kopi Tasya FarasyaResep kopi Tasya Farasya Foto: YouTube Tasya Farasya

"Rasanya jadi kayak makan kue jajanan," kata Tasya. "Jadi nggak kayak ngopi, kayak ngemil. Rasanya aku agak kurang suka," tuturnya. "Failed," sebut Tasya.

Hari selanjutnya, ia masih bereksperimen dengan resep kopi enak. "Sekarang aku bikin kopi frappuccino. Kayak blended coffee, ditambahin pisang. Pakai essens vanilla, garam, gula Jawa, dan pisang beku," jelasnya soal bahan minuman ini.

Resep kopi Tasya FarasyaResep kopi Tasya Farasya Foto: YouTube Tasya Farasya

Semuanya dicampur di gelas bersama air. Ramuan kopi ini lalu ditaruh di blender, ditambahkan pisang beku yang sudah dipotong-potong, dan susu cair. Semua bahan lalu diproses hingga halus di blender bersama es batu.

"Enak, karena ada pisang jadi kayak jus pisang," kata Tasya. Hanya saja rasa kopinya tidak terlalu kuat. Namun ibunya lebih suka racikan frappuccino ini ketimbang kopi kecap. Nah, kamu tertarik coba?

Baca Juga: Cantik dan Menarik, Ini Pose Tasya Farasya Saat Kulineran



Simak Video "Mencoba Lembutnya Kopi Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)