ADVERTISEMENT

Kisah Master Onigiri yang Bikin 500 Ribu Buah Onigiri per Tahun

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 19 Apr 2020 07:00 WIB
-
Foto: Istimewa
Jakarta -

Yumiko Ukon dikenal sebagai master onigiri di Jepang. Ia bisa membuat 500.000 buah onigiri per tahun. Kedai onigiri miliknya sudah ada sejak 1960!

Onigiri merupakan makanan khas Jepang berupa nasi kepal dengan isian lalu dibungkus lembaran nori (rumput laut kering). Isian untuk onigiri ini sangat beragam, seperti salmon, salmon roe, kombu, bonito flakes, dan lainnya.

Banyak kedai di Jepang yang menjual onigiri enak, tapi kalau mau yang terkenal enak, mampirlah ke kedai Onigiri Bongo. Lokasinya ada di kawasan Toshima City, Tokyo, Jepang. Kedai onigiri ini merupakan salah satu yang populer di Jepang karena menawarkan beragam rasa.

-- Foto: Istimewa

Dilansir dari Eater (15/4) lewat videonya di YouTube, Onigiri Bongo telah berdiri sejak tahun 1960. Dulunya kedai ini hanya menawarkan varian rasa standar, seperti salmon roe, kombu, dan bonito flakes. Namun kini Onigiri Bongo memiliki varian hingga 55 rasa yang berbeda.

Untuk menikmati onigiri di kedai satu ini, pengunjung harus rela mengantre panjang. Sekali mengantre pengunjung bisa menghabiskan waktu hingga 5 jam.

Baca Juga: Nyamm! Ada Onigiri Takoyaki dan Okonomiyaki yang Sedap Mengenyangkan

-- Foto: Istimewa

Saking ramainya kedai ini mampu menjual 1.500 buah onigiri dengan rasa yang berbeda per hari. Mereka bisa menghabiskan hingga 30 kg - 60 kg beras. Yumiko Ukon pemiliki Onigiri Bongo ini mempekerjakan 12-13 karyawan.

Semua bahan yang digunakan di kedai ini berkualitas tinggi. Bahkan proses pembuatannya juga langsung menggunakan tangan, tidak menggunakan mesin sama sekali. Prosesnya pun dapat dilihat langsung oleh pelanggan karena mengusung konsep open kitchen.

Yumiko Ukon sang pemilik mengatakan kalau sampai saat ini Onigiri Bongo telah buka selama 60 tahun. Ia mengawali usahanya ini saat berusia 35 tahun bersama suaminya.

-- Foto: Istimewa

Dalam setahun penuh, Yumiko Ukon mengaku bisa membuat sekitar 450.000 - 500.000 buah onigiri. Ia juga mengatakan kalau kunci terpenting dari onigiri adalah dari berasnya.

"Onigiri terdiri dari garam, rumput laut, dan beras. Tapi bintangnya adalah beras tersebut. Rumput laut dan garam tersebut tidak akan merusak rasa dari nasi malah terasa enak saat dipadukan," ungkap Yumiko Ukon lewat wawancaranya bersama Eater.

Kedai onigiri yang populer ini dulunya hanya disambangi oleh warga lokal Jepang. Biasanya mereka ke sana saat jam makan siang dan banyak juga keluarga yang datang untuk menyantap onigiri tersebut pada sore hari.

Namun sekarang tak hanya warga lokal Jepang saja yang menikmati onigiri lezat dari Onigiri Bongo. Banyak pelanggan yang datang dari negara lain di Asia, Eropa, Amerika, dan lainnya.

Baca Juga: Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie Instan



Simak Video "Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT