Snack Jepang Kekinian

Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie Instan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 21 Mar 2019 10:45 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian
Jakarta - Onigiri atau nasi kepal biasanya mungil dengan isian salmon, tuna, atau unagi. Seiring waktu, kreasinya makin beragam dan bentuknya makin unik.

Menyebut onigiri pastilah terbayang kepalan nasi praktis yang biasa dijadikan bekal orang Jepang. Onigiri bahkan banyak dijual convenience store populer di negeri Sakura sebagai pilihan makanan cepat saji yang mengenyangkan.

Ternyata kreasi onigiri mengikuri selera konsumen. Ada yang bentuknya unik karena super besar sampai onigiri lokal Indonesia berbahan mie instan.

1. Onigiri jumbo

Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie InstanFoto: Istimewa

Sesuai namanya, onigiri ini berukuran jumbo dengan berat mencapai 1 kilogram! Berat ini sekitar 5 kali lebih besar dari onigiri pada umumnya yang rata-rata sekitar 200 gram. Onigiri jumbo diperkenalkan gerai Tsukiji Shokun Gen-chan di Osaka.

Harganya 600 yen (Rp77.000) dengan pilihan isian salmon hingga plum kering. Karena ukurannya yang sangat besar, onigiri jumbo umum dinikmati beramai-ramai. Tertarik coba?

Baca Juga: Wouw, Gerai Ini Jual Onigiri Jumbo Seberat 1 Kilogram!

2. Onigiri takoyaki
Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie InstanFoto: Istimewa
Masih di Jepang, kali ini Lawson yang memperkenalkan paduan onigiri dan takoyaki bernama Takoyaki Onigiri. Kreasi ini pada dasarnya onigiri rasa takoyaki yang bisa disajikan panas atau dingin. Harganya sekitar 148 yen (Rp18.700) per buah.

Kabarnya rasa Takoyaki Onigiri cukup autentik. Ukurannya lumayan besar dengan tekstur lembut mirip takoyaki yang dijual di Osaka.

Baca Juga: Unik! Begini Jadinya Kalau Takoyaki 'Dikawinkan' dengan Onigiri

3. Onigiri mie instan
Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie InstanFoto: Istimewa
Kalau yang ini onigiri lokal berbahan mie instan. Kemunculannya sempat tren karena begitu unik. Bukan dari nasi, onigiri ini diracik dari mie instan. Bentuknya tetap segitiga dengan lembaran nori yang melapisinya,

Onigiri mie instan hadir dalam lima rasa. Ada rasa original, rasa beef, keju, salted egg hingga pedas mampus. Selain cara makan yang mudah, mie instan ini juga lebih gurih karena disajikan dengan nori. Padahal isi onigirinya tetaplah mie instan biasa.

Baca Juga: Setelah Donat, Kini Onigiri Mie Instan yang Jadi Tren Kuliner Milenial

4. Onigiri okonomiyaki
Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie InstanFoto: Istimewa
Selain takoyaki, ada juga onigiri okonomiyaki. Lawson pula yang memperkenalkan paduan nasi kepal dengan pancake gurih khas Jepang ini.

Tampilan onigirinya unik karena dilapisi adonan tebal mirip telur dadar. Kala itu Lawson juga membuat onigiri takoyaki yang benar-benar menggabungkan satu bola takoyaki dengan nasi. Pelengkapnya mayonnaise dan cincangan nori kering.

Baca Juga: Nyamm! Ada Onigiri Takoyaki dan Okonomiyaki yang Sedap Mengenyangkan

5. Onigiri sandwich
Onigiri Tampil Unik, Ukurannya Jumbo hingga Dibuat dari Mie InstanFoto: Istimewa
Sempat muncul di Jepang onigiri bernama onisasa yang merupakan singkatan onigiri dan sasami furai. Onigiri ini berbentuk layaknya sandwich dengan isian sasami furai atau dada ayam goreng tepung.

Pelengkapnya ada lembaran nori yang mengikat di bagian tengan. Onisasa kabarnya berasal dari Pulau Ishigaki lalu merambah populer ke seluruh Jepang. Versinya ada banyak seperti yang memakai taburan sedikit bumbu atau ditambahkan keju.

Baca Juga: Onisasa, Sandwich Onigiri Plus Ayam Goreng

(adr/odi)
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian