Cara Bikin Burger yang Enak dan Juicy dari Gordon Ramsay

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 15 Apr 2020 11:00 WIB
Cara bikin burger dari Gordon Ramsay Foto: Istimewa
Jakarta -

Burger mudah dibuat sendiri di rumah. Chef Gordon Ramsay punya tips membuat burger yang benar agar rasanya juicy dan gurih enak.

Gordon Ramsay merupakan seorang chef kaliber dunia yang sudah berkarir puluhan tahun. Hingga kini Ramsay telah memilih 13 restoran yang tersebar di berbagai negara. Ramsay juga aktif di sejumlah program acara memasak sebagai juri.

Sosok Ramsay dikenal tegas saat bersinggungan dengan kuliner. Tak jarang banyak yang terkena omelannya saat ia menjadi juri di berbagai program acara masak. Pria berusia 53 tahun ini pun aktif di berbagai media sosial miliknya.

Cara bikin burger dari Gordon RamsayCara bikin burger dari Gordon Ramsay Foto: Istimewa

Ia kerap membagikan resep masakan, tips memasak, dan kesehariannya. Ia pernah membagikan tips memasak burger di akun YouTube Good Morning America pada 2017 lalu. Hingga saat ini video tersebut telah ditonton lebih dari 51 juta kali.

Dilansir dari Mirror (12/4), dalam video tersebut Ramsay membagikan resep membuat burger yang sempurna. Ramsay juga menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan saat membuat burger. Termasuk kesalahan dalam membuat patty burger.

Baca Juga: Tips Bikin Telur Orak-arik Enak ala Gordon Ramsay

Sebelum membahas tips memanggang patty ala chef Gordon Ramsay, berikut resep membuat 'Perfect Burger' ala Ramsay yang didapatkan dari halaman website restoran miliknya.

Cara bikin burger dari Gordon RamsayCara bikin burger dari Gordon Ramsay Foto: Istimewa

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 200 gram daging short rib giling
2. 400 gram daging paha depan sapi (chuck) giling
3. 200 gram daging sandung lamur (brisket) giling
4. 80 gram lemak
5. Garam dan lada secukupnya untuk bumbu
6. 8 lembar keju
7. 4 roti bun
5. Selada, tomat, acar mentimun (gherkin), dan coleslaw

Cara membuatnya:

1. Campur semua jenis daging cincang ke dalam mangkuk dan aduk menggunakan tangan. Tambahkan lemak sedikit dan pastikan Anda tidak mengaduknya terlalu kuat.

2. Bagi adonan daging menjadi 4 dan bentuk seperti bundar lalu pipihkan sedikit dengan lembut menggunakan tangan. Diamkan patty tersebut selama 10 menit dalam suhu ruangan sebelum Anda memasaknya.

3. Taburi garam dan lada ke seluruh permukan patty burger. Jangan lupa perciki sedikit minyak zaitun atau minyak sayur ke atas permukaan patty. Lakukan untuk kedua sisi patty.

4. Panaskan wajan datar dan masak burger selama 2 menit dengan api sedang atau selama 5 menit untuk hasil yang matang.

Cara bikin burger dari Gordon RamsayCara bikin burger dari Gordon Ramsay Foto: Istimewa

5. Di tengah memasak, tambahkan lembaran keju smoked cheddar di atas permukaan patty. Setelah itu masak hingga keju meleleh.

6. Siapkan roti bun dan belah menjadi 2 bagian. Sebelum disajikan, panggang dulu roti bun tersebut, taburi sedikit garam serta lada di setiap permukaannya.

7. Setelah semuanya matang, sajikan dengan beragam pelengkap seperti selada, tomat, acar timun, dan coleslaw. 'Perfect Burger' ala chef Gordon Ramsay pun bisa Anda nikmati.

Anda juga bisa membuat patty ini sehari sebelum dipanggang, lalu simpan di dalam kulkas agar tetap bagus dan kencang. Ini agar ketika dimasak patty tidak akan pecah atau retak. Jangan langsung memasaknya saat dikeluarkan dari kulkas karena nanti tingkat kematangannya tidak merata. Diamkan beberapa saat sebelum dimasak agar daging tak terlalu dingin.

Cara bikin burger dari Gordon RamsayCara bikin burger dari Gordon Ramsay Foto: Istimewa

Gordon Ramsay menganjurkan untuk memanggang roti bun terlebih dahulu sebelum burger disajikan. Hal ini dilakukan untuk membuat roti bun terlihat bagus, teksturnya renyah, dan juga melindungi patty agar hasilnya lebih rapih. Sebelum dipanggang, taburi bun dengan garam dan lada terlebih dahulu.

Pada video tersebut, chef Ramsay menggunakan grill profesional dimana ada penutupnya yang dapat membuat burger cepat matang secara merata. Namun jika tidak punya, Anda bisa andalkan wajan besi atau wajan antilengket serta penutupnya untuk memanggang patty, bun, dan membuat kejunya agar meleleh.

'Perfect Burger' ala chef Gordon Ramsay tak sulit dibuat. Ikuti resep dan tips penting memanggangnya. Selamat mencoba foodies!

Baca Juga: Gordon Ramsay: Chef yang Kembalikan Predikat Bintang Michelin Itu Egois



Simak Video " Duel Cheese Burger Rp 26 Ribu Vs Rp 110 Ribu, Enak Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)