Gordon Ramsay: Chef yang Kembalikan Predikat Bintang Michelin Itu Egois

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 30 Jul 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Gordon Ramsay mengritik chef yang menolak atau pun mengembalikan predikat bintang dari Michelin Guide. Menurutnya, hal itu justru egois.

Dilansir dari Asia One (28/7), celebrity chef Gordon Ramsay merasa tindakan para chef yang ingin mengembalikan predikat bintang Michelin tidak adil bagi para staf lain di restoran. Menurutnya, predikat itu tidak hanya didapat oleh chef yang ada di dalam restoran, melainkan seluruh tim masak di sana.

Gordon Ramsay: Chef yang Kembalikan Predikat Bintang Michelin Itu EgoisFoto: Istimewa

Dengan begitu, pengembalian predikat bintang yang disematkan Michelin Guide justru memupus harapan anggota tim lain yang juga ingin merasa bangga atas kerja kerasnya.

"Entah itu Emmy, Oscar, Bafta atau bintang Michelin, ini merupakan suatu hal positif yang bisa meningkatkan kinerja baik yang sudah ada. Tidak hanya bagi para chef tapi juga untuk para staf yang sama-sama bekerja dengan fokus seperti sang pemilik (restoran)," jelas Ramsay pada Deadline.

Baca juga: Gordon Ramsay Pamer Kebolehan Potong Ayam dengan Mata Tertutup

Gordon Ramsay: Chef yang Kembalikan Predikat Bintang Michelin Itu EgoisFoto: Istimewa

Menurut chef kondang asal Inggris itu, predikat bintang yang diberikan oleh Michelin Guide sejak 1926 berfungsi sebagai panduan yang bermanfaat bagi pencinta kuliner. Bahkan kepopulerannya semakin luas hingga ke wilayah Singapura, Taipei, Shanghai, Bangkok dan sekitarnya.

Ramsay mengaku kesal jika mendengar kabar jika seorang chef merasa 'lelah dan bosan' lantaran predikat tersebut. Seperti yang diketahui, Ramsay sendiri memiliki sebuah restoran berpredikat tiga bintang Michelin di London.

Ketika predikat dua bintang Michelin pada restoran miliknya di New York dicopot, ia merasa rasa kecewanya sama seperti kehilangan seorang pacar. Bahkan Ramsay sempat menyebut jika rasanya sama seperti kehilangan piala sepakbola Liga Champions.

Gordon Ramsay: Chef yang Kembalikan Predikat Bintang Michelin Itu EgoisFoto: Reuters

Namun nyatanya tidak semua chef menyambut baik predikat bintang Michelin. Contohnya saja, chef asal Prancis S├ębastien Bras. Ia menanggalkan predikat tiga bintang yang didapat pada tahun 2018. Alasannya lantaran ia merasa tekanan dan beban yang ia bawa terlalu berat karena adanya predikat itu.

Pada tahun 2017, chef Andre Chiang juga menyatakan jika ia tidak ingin restorannya di Taipei dipertimbangkan untuk masuk dalam Michelin Guide Taiwan. Menurutnya, ia ingin tetap memiliki kebebasan untuk bereksperimen dengan menciptakan ragam kreasi kuliner lain.

Meski begitu, masih ada banyak chef yang mendambakan predikat bintang Michelin dan masuk dalam daftar Michelin Guide di wilayahnya.

Baca juga: Chef Ini Ingin Nama Restonya Dikeluarkan dari Michelin Guide

Simak Video "Gara-gara Adegan Ini, Gordon Ramsay Dituntut Sebuah Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)