Gordon Ramsay Pamer Kebolehan Potong Ayam dengan Mata Tertutup

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 26 Jul 2019 16:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ada hal menarik dalam episode ke-5 MasterChef USA Season 10. Saat itu, Gordon Ramsay unjuk kebolehan dalam memotong daging ayam dengan mata tertutup.

Tak hanya jago memasak ragam hidangan enak, Gordon Ramsay juga punya keahlian lain. Ia bisa memotong daging ayam utuh dengan mata tertutup!

Keahlian tersebut ditunjukkan sang pemilik restoran Lucky Cat dalam MasterChef USA season 10 episode ke-5. Dalam waktu 1 menit 15 detik, Gordon pun berhasil mengubah daging ayam utuh ke dalam 8 potongan.

Gordon Ramsay Pamer Kebolehan Potong Ayam dengan Mata TertutupFoto: Istimewa

Gordon memulai aksinya dengan mengasah pisau. "Dua paha bawah, dua paha atas, dua sayap, dua dada, dan satu tulang ayam. Apa Anda melihatnya di atas?

"Dia benar-benar akan memotong ayam itu dalam keadaan mata tertutup? Wow!," ungkap Sarah, salah satu kontestan MacterChef USA season 10.

Baca juga: Keren! Begini Cara Primitif Masak Daging Tanpa Alat Dapur

Gordon Ramsay Pamer Kebolehan Potong Ayam dengan Mata TertutupFoto: Istimewa

Ia pun memulainya dengan memotong bagian paha ayam dengan berujar, "Iris bagian kulit ayamnya, patahkan (tulangnya), dan potong."

Hal yang sama juga dilakukan Gordon pada bagian paha ayam lain. Setelahnya, ia memisahkan potongan paha bawah dan paha atas. "Rasakan tulang kakinya, lalu potong. Satu paha bawah dan satu paha atas," jelasnya.

Dengan semangat, Gordon pun berujar, "Kini bagian yang paling mengasyikkan, sayap ayam. Potong bagian atas sayap ayam, lalu patahkan."

Saat itu, chef asal Inggris itu dengan mudah mematahkan bagian sayap ayam dengan satu tangan. Terakhir, tentu bagian dada ayam.

Gordon Ramsay Pamer Kebolehan Potong Ayam dengan Mata TertutupFoto: Istimewa

"Rasakan tulang di bagian tengah dada ayam. Potong tulang garpu ayam," tutur Gordon seraya memotong salah satu sisi daging dada ayam.

Saat memotong daging di sisi lainnya, Gordon berujar pada para kontestan untuk berhati-hati saat memotong bagian ini dengan merasakan keberadaan pisau.

Tak lama setelahnya, Gordon pun berhasil memotong sisi dada ayam lainnya dengan menyisakan bagian tulang bagian tengah ayam.

Gordon Ramsay Pamer Kebolehan Potong Ayam dengan Mata TertutupFoto: Istimewa

"Satu tulang ayam, dua paha bawah, dua paha atas, dua sayap ayam, dua dada ayam. Selesai," beber Gordon seraya menancapkan pisau di atas papan potong.

Aksi memotong ayam mentah dengan mata tertutup itu pun mendapat tepukan dari para kontestan. Salah seorang kontestan bahkan berujar, "Luar biasa!."

Baca juga: Tanpa Pengelihatan, Christine Ha Raih Gelar MasterChef!

(dwa/odi)