Dalgona Coffee

Dalgona Coffee Versi Lebih Sehat, Ini Resepnya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 12 Apr 2020 16:00 WIB
dalgona coffee Foto: istimewa
FOKUS BERITA Dalgona Coffee
Jakarta -

Terbuat dari kopi, gula, air dan susu, ternyata resep racikan dalgona coffee bisa dibuat menjadi lebih sehat. Ini tipsnya.

Belakangan ini dalgona coffee terus menjadi tren di media sosial. Banyak netizen yang memamerkan dalgona coffee hasil buatannya sendiri melalui unggahan di media sosial, mulai dari TikTok, Twitter, Facebook hingga Instagram.

Seperti yang diketahui, bahwa kopi viral tersebut terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, yaitu kopi, gula dan air yang diaduk hingga teksturnya berubah menjadi foam yang creamy. Baru kemudian foam kopi tersebut dicampurkan ke atas susu.

dalgona coffeedalgona coffee Foto: istimewa


Dibalik kepopuleran dalgona coffee, mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai bagaimana aspek kesehatan dari resep kopi hits tersebut. Khususnya pada campuran gula dan susu yang mungkin tidak bisa dikonsumsi oleh orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga : Tren Dalgona Coffee, Ternyata Sejak Dulu Sudah Populer di India


Pada resep dalgona coffee disarankan untuk menggunakan gula pasir dan susu murni. Namun, kamu bisa dengan mudah membuat versi yang lebih sehat di rumah. Ganti pilihan gula yang lebih sehat dan pakai susu plant-based atau susu nabati. Berikut ini resepnya.

Bahan:
2 sendok makan kopi instan
2 sendok makan gula kelapa
2 sendok makan air dingin
250 ml susu nabati (susu kedelai, almond, kacang mede, skim)

Cara membuat:

1. Masukkan kopi instan ke dalam mangkuk. Tambahkan dua sendok makan air dingin, dan campur sampai kopi benar-benar larut.

2. Masukkan gula kelapa. Kemudian aduk menggunakan alat pengaduk atau pengocok hingga teksturnya menjadi kental dan berbusa. Proses mengaduk akan membutuhkan waktu beberapa menit.

3. Masukkan es batu ke dalam gelas. Lalu, tuangi susu nabati pilihan kamu. Jangan terlalu penuh, sekitar 3/4 gelas, usahakan menyisakan ruang untuk tempat foam kopi.

4. Tuangkan kopi kocok tersebut ke atas susu, dan dalgona coffee siap diminum.

Baca Juga :5 Hal yang Bikin Racikan Dalgona Coffee Gagal



Simak Video "Dari Ikan Baung, Jadilah Pindang Salai yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Dalgona Coffee