Finger Lime, Jeruk Caviar Langka Seharga Rp 4,8 Juta per Kg

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 31 Mar 2020 11:30 WIB
Finger lime Foto: Istimewa
Jakarta -

Keluarga jeruk punya anggota istimewa bernama finger lime. Bentuknya seperti jalapeno dengan isian berbulir mungil layaknya caviar. Finger lime tergolong jeruk langka dan mahal!

Jeruk ada banyak jenisnya, mulai dari jeruk Mandarin, navel, lemon, jeruk nipis, sampai grapefruit. Tapi belum banyak orang tahu keluarga jeruk bernama finger lime. Buah ini berasal dari hutan hujan subtropis di dataran rendah pesisir Australia.

Finger Lime, Jeruk Caviar Langka Seharga Rp 4,8 Juta per KgFoto: Istimewa

Nama latinnya Citrus australasica atau dikenal dengan sebutan finger lime Australia. Jeruk ini semakin jadi incaran karena banyak dipakai di menu restoran-restoran berbintang Michelin di seluruh dunia.

Baca Juga: Ini 6 Hal Menarik Soal Buah Jeruk yang Perlu Anda Ketahui

Dikutip dari Oddity Central (30/3), finger lime istimewa karena rasanya merupakan perpaduan jeruk nipis dan lemon. Tekstur buliran jeruknya pun berbeda. Mirip dengan pomelo atau jeruk Bali, hanya saja berbulir kecil sehingga terlihat seperti caviar.

Finger Lime, Jeruk Caviar Langka Seharga Rp 4,8 Juta per KgFoto: Istimewa

Tak heran restoran-restoran mewah menggunakan finger lime sebagai 'garnish', layaknya caviar. Ketika digigit, jeruk ini akan menghasilkan 'ledakan' rasa asam. Finger lime pun ramai disebut "caviar citrus".

Selama dekade terakhir, permintaan akan finger lime semakin tinggi. Jeruk ini akhirnya banyak ditanam di Prancis atau California. Soal harga, finger lime masih sangat mahal. Per kilo gram dihargai USD 200 - 300 atau sekitar Rp 3,4 hingga 4,8 juta.

Harga mahal itu bukan tanpa alasan. Perkebunan finger lime hanya menghasilkan sedikit buah. Tiap pohonnya membutuhkan banyak perhatian. Alhasil banyak buah yang dihasilkan, tidak layak untuk dijual.

Finger Lime, Jeruk Caviar Langka Seharga Rp 4,8 Juta per KgFoto: Istimewa

Petani Prancis bernama Perrine dan Etienne Schaller adalah yang pertama membudidayakan finger lime secara komersial di negara mereka. Baru-baru ini mereka mengatakan muncul variasi finger lime. Terdapat perbedaan pada warna dan rasanya. Mulai dari sangat asam sampai sangat aromatik. Ada juga yang rasanya mirip serai.

Schaller tidak memasok finger lime ke supermarket. Ia hanya bekerja sama dengan 25 restoran berbintang Michelin di Prancis. Konon pengunjung restoran kelas atas ini banyak yang suka rasa dan tekstur finger lime.

Finger Lime, Jeruk Caviar Langka Seharga Rp 4,8 Juta per KgFoto: Istimewa

"Ketika saya memperkenalkannya dalam sebuah hidangan, finger lime menjadi salah satu elemen utama," kata chef Prancis, Daniel Lutrand. Menurutnya kehadiran jeruk caviar ini membangkitkan cita rasa hidangan secara keseluruhan.

Selain buahnya, kulit finger lime juga jadi incaran. Di restoran, kulitnya bisa dikeringkan dan digunakan sebagai penyedap masakan yang nilainya sama-sama mahal.

Baca Juga: Cara Memilih Jeruk yang Manis Segar Untuk Bayi



Simak Video "Undur-undur Crispy, Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya