Masak di Rumah Aja

Sop Ayam Jadi Menu Praktis Andalan Chef Stefu Santoso di Rumah

Sonia Basoni - detikFood Senin, 30 Mar 2020 10:30 WIB
Menu Chef Stefu Santoso Foto: Istimewa
Jakarta -

Bagi pemula yang baru belajar masak di rumah, Chef Stefu Santoso menyarankan menu sop ayam yang paling enak dan praktis dibuat di rumah.

Belajar masak di rumah bisa dimulai dengan resep yang paling mudah dan sederhana. Menurut Chef Stefu Santoso ketika belajar masak semuanya harus dibawa sederhana dan tidak rumit.

Baca Juga: Mau Bikin Roast Beef ala Resto? Ikuti Tips Membumbui dari Chef Stefu ini

"Menurut saya kalau mau belajar masak itu sederhana saja. Bagi pemula cara berfikirnya bisa simple misalnya mulai belajar menggunakan bumbu masakan siap jadi atau bumbu dasar instan," jelas Chef Stefu ketika dihubungi detikFood (29/03).

Sop Ayam Jadi Menu Praktis Andalan Chef Stefu Santoso di RumahFoto: Istimewa

Menurut chef peraih penghargaan 'World Top Outstanding Master Chef Award' ini, bumbu instan seperti bumbu opor, ayam goreng, sayur asem, hingga semur bisa jadi alat belajar masak yang efektif untuk pemula.

"Biasanya di belakang kemasan bumbu dapur instan itu ada saran penggunaan. Nah biasanya banyak orang yang pakai bumbu instan tapi tidak pakai aturan pakainya. Kita bisa ikuti langkah-langkah dan resep di sana jadi masakan tidak gampang gagal," jelasnya.

Selain menggunakan bumbu instan ada juga menu sop ayam yang menurutnya paling mudah dibuat untuk pemula.

Sop Ayam Jadi Menu Praktis Andalan Chef Stefu Santoso di RumahChef Stefu Santoso. Foto: Istimewa

"Paling gampang sebenarnya membuat sop ayam. Tidak membutuhkan banyak teknik memasak dan bahan-bahan yang digunakan juga sederhana," lanjutnya.

"Kalau mau buat sop ayam tinggal masukkan ayam, pakai sedikit bawang putih dan jahe yang sudah digeprek. Kemudian masukkan wortel, kentang, lobak, atau daun seledri tunggu sekitar 30-40 menit," tuturnya.

Sementara untuk waktu berapa lama pembuatan sop ayam ini tergantung dari potongan ayam. Semakin kecil potongan ayamnya maka semakin cepat sopnya matang.

Sop Ayam Jadi Menu Praktis Andalan Chef Stefu Santoso di RumahFoto: Istimewa

"Kalau saya sendiri sekitar 30 menit saat buat sop ayam. Karena aroma bawang putih dan jahe baru bereaksi setelah setengah jam. Kalau untuk daging ayamnya sendiri sebenarnya 15 menit saja sudah matang," lanjut Chef Stefu yang kini menjabat sebagai Executive Chef di APREZ dan AMUZ Gourmet Restaurant.

Kalau rasa sop mau lebih gurih Chef Stefu menyarankan untuk menggunakan daging ayam bertulang. Serta menggunakan ukuran 2 banding 1. Yaitu satu kg daging ayam untuk 2 liter air.

Nah untuk resep sop ayam yang lebih lengkap bisa intip resep detikFood di sini.

Baca Juga: Kalau Mau Bikin Opor Ayam yang Sedap dan Enak, Ikuti Tips Jitu Ini



Simak Video "Nyammm... Nostalgia Buat Krekers di Rumah!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)