5 Kasus Polisi India yang Pukuli Orang Beli Makanan Saat Lockdown

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 29 Mar 2020 15:30 WIB
Polisi India Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemerintah India terapkan lockdown selama 21 hari. Hal ini memicu polisi memukul semua orang yang tengah membeli makanan di luar rumah dengan kejam.

Ada lebih dari 800 kasus virus corona yang tercatat di India dan membuat negara ini ditutup sementara atau lockdown. Semua orang dilarang berpergian keluar rumah atau melakukan perkumpulan guna menekan angka penyebaran virus corona di sana.

Pemerintah meminta pihak kepolisian untuk mengamankan hal ini. Namun banyak anggota kepolisian di India yang melakukan kekerasan dan memukuli orang-orang yang keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti makanan hingga susu.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut lima kasus polisi India yang pukul orang beli makanan saat lockdown.

Baca Juga: Keluar Rumah untuk Beli Susu, Pria Ini Dipukuli Hingga Tewas Oleh Polisi

1. Dipukuli hingga Sulit Bangun

5 Kasus Polisi India yang Pukul Orang Beli Makanan Saat LockdownFoto: Istimewa

Suresh Shah merupakan penjual sayuran keliling di wilayah pedalaman Delhi, Noida, selama 15 tahun terakhir. Setiap harinya mereka akan mengambil sayuran dari pasar tradisional dan menjualnya menggunakan gerobak kecil seperti pedagang sayur keliling lainnya.

Namun semenjak India di lockdown, Suresh langsung dihentikan beberapa polisi yang berpatroli di jalanan. Para polisi itu mulai meneriakkan kata-kata kasar kepadanya dan menyuruhnya untuk pulang. Tapi Suresh malah dipukuli hingga ia sulit bangun dan kesakitan. Semua dagangannya juga dirusak.

2. Penjual Buah Keliling

5 Kasus Polisi India yang Pukul Orang Beli Makanan Saat LockdownFoto: Istimewa

Sama seperti kekerasan yang dialami Suresh, penjual buah keliling bernama Rajes Kumar yang sehari-harinya menawarkan dagangannya di Delhi juga mengalami hal sama. Selain mendapatkan ancaman dan perilaku kurang menyenangkan dari polisi, ia juga mengalami kekerasan dari para warga.

Beberapa warga di India membuat organisasi Resident Welfare Associations (RWA), untuk mengawasi orang-orang agar tetap di rumah. Menurut Kumar ia dilarang RWA berjualan buah di daerah sana bahkan. Padahal menurut Kumar ia hanya ingin membantu orang-orang agar tak perlu belanja di pasar.

3. Supir Pengirim Kentang

5 Kasus Polisi India yang Pukul Orang Beli Makanan Saat LockdownFoto: Istimewa


Sonu Sah merupakan supir pengirim kentang dari Danapur yang ditembak kakinya di wilayah Bihar oleh polisi. Menurutnya beberapa anggota polisi memaksa akan membawa kendaraan berisi kentang ke kantor polisi, dan Sonu harus membayar sejumlah uang jika ingin mengambil mobilnya.

Tapi karena Sonu menolak akhirnya polisi tersebut menembak kakinya. Menanggapi kejadian ini ketiga polisi yang terlibat sudah ditangkap dengan tuduhan percobaan pembunuhan. Sementara organisasi pemilik truk di India mengeluhkan bahwa banyak sekali truk berisi makanan yang akan disalurkan ke banyak tempat yang ditahan oleh pihak berwajib.

4. Beli Susu Dipukuli Hingga Tewas

5 Kasus Polisi India yang Pukul Orang Beli Makanan Saat LockdownFoto: Istimewa

Beberapa hari yang lalu nasib malang menimpa seorang pria berusia 32 tahun yang berasal dari Howrah. Saat itu ia tengah membeli susu untuk keluarganya dan bertemu dengan beberapa polisi yang tengah berpatroli di jalanan.

Beberapa polisi tersebut menyuruhnya untuk pulang ke rumah. Namun mereka menggunakan kekerasan dengan memukuli pria malang tersebut hingga meninggal dunia. Banyak luka memar yang ditemukan di tubuh pria itu, meski pihak kepolisian mengklaim bahwa pria itu meninggal karena serangan jantung.

5. Belanja Bahan Makanan

5 Kasus Polisi India yang Pukul Orang Beli Makanan Saat LockdownFoto: Istimewa

Seorang warga bernama Mohan Rastogi yang tinggal di wilayah Delhi Utara mengutarakan kekecewaannya kepada pihak kepolisian. Ia menceritakan bahwa ada dua anggota polisi yang memukulnya menggunakan rotan kayu tanpa alasan.

Padahal saat itu ia sudah menjelaskan bahwa ia keluar rumah untuk membeli bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari. Tapi kedua polisi itu malah mengancam Mohan untuk menyeretnya ke kantor polisi. Selain itu banyak juga netizen di India yang melaporkan kekerasan serupa dari polisi ketika mereka tengah membeli makanan.

Baca Juga: Belanja Makanan Aman ala Netizen India yang Terapkan 'Social Distancing'



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)