Netizen Kompak Kumpulkan Kontak Pedagang Sayur Supaya Bisa Belanja Online

Devi Setya - detikFood Jumat, 27 Mar 2020 19:00 WIB
jualan sayur online Foto: istimewa/twitter
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Netizen ramai-ramai mengumpulkan nomor kontak para pedagang pasar agar pembelinya bisa belanja online. Cara ini saling membantu pedagang dan pembeli.

Kebutuhan harian khususnya untuk makan sudah pasti harus dipenuhi setiap hari tapi pemerintah mengeluarkan larangan untuk berkumpul. Hal ini tentu menjadi kendala bagi para penjual dan pembeli yang biasa belanja di pasar.

Banyak penjual yang merasa dagangannya sepi, sementara pembeli banyak yang kesulitan mendapatkan bahan pangan. Untuk menyiasatinya, dilakukan gerakan belanja online. Dengan cara ini, berbagai barang kebutuhan bisa tetap terpenuhi namun dengan cara minim interaksi fisik.

Netizen Kompak Kumpulkan Kontak Pedagang Sayur Supaya Bisa Belanja OnlineFoto: istimewa/twitter


Baca juga : Pasar Tutup dan Tak Ada Tukang Sayur, Ini Cara Dapatkan Bahan Segar


Pemilik akun twitter @finsamopits mengumpulkan kontak para pedagang agar nantinya bisa dihubungi oleh pembeli lewat sambungan telepon. Ada beberapa pasar yang sudah memiliki data penjual seperti pasar Cipete, Pasar Bintaro, Pasar Cinere dan Pasar Alam Sutera.

Di setiap pasarnya ada data pedagang daging, sayuran, ayam, sembako hingga buah. Pembeli bisa mengontak langsung para penjual ini dan bahan belanjaan akan dikirimkan langsung ke alamat yang dituju.

Gerakan ini kemudian diikuti banyak netizen dari berbagai daerah. Pasar-pasar lainnya pun ikut dicantumkan. Beberapa pedagang bahkan menyertakan daftar dagangan lengkap dengan harganya.

Ternyata Pasar Induk Kramat Jati juga menerapkan sistem yang sama yakni belanja online. "Belanja kebutuhan pokok cukup dengan kriiing, langsung menghubungi pedagang yang menjual bahan makanan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dikirimkan langsung ke rumah," tulis admin Pasar Kramat Jati.

Sistem belanja online ini menerapkan cara pembayaran dan pengiriman ala toko online. Pembayaran dilakukan lewat transfer bank, sementara pengantaran belanjaan dibantu oleh kurir ataupun jasa ojek online.

Netizen Kompak Kumpulkan Kontak Pedagang Sayur Supaya Bisa Belanja OnlineFoto: istimewa/twitter


Baca juga : Keren! Tukang Sayur Keliling Ini Jualan Pakai Mobil Mewah Rp 276 Juta


Nomor kontak para penjual sayur di pasar ini terbukti membantu banyak orang. Apalagi kini ada beberapa pasar yang ditutup sebagai langkah meminimalisir penyebaran virus corona.

"terima kasih juga utk driver ojol yang memiliki fungsi jembatan antara penjual dan pembeli di masa2 sulit ini. tetap bersyukurlah dimana ada kesulitan disitu ada sepercik kemudahan. Tetap Semangat!!" kata netizen.

"Udah susah cari tempe, tukang sayur udh ga muter2 dan ga berani ke pasar. Mau bikin tempe penyet pake sambel bawang akutuh," curhat netizen yang mulai kesulitan dapat tempe.



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja