Masak di Rumah Aja

Chef Ragil: Tumisan Sederhana Bisa Jadi Andalan Saat Belajar Masak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 26 Mar 2020 18:00 WIB
Tumisan Chef Ragil Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Menurut Chef Ragil Imam Wibowo belajar memasak di rumah tidak sulit. Bisa dimulai dari belajar memasak tumisan sederhana yang praktis dan mudah untuk dibuat.

Banyak orang yang kini belajar memasak di rumah untuk mengisi waktu luang. Namun banyak juga yang gagal karena langsung membuat makanan dengan resep yang rumit.

Baca Juga: Rahasia Chef Ragil Ubah Tampilan Gulai hingga Rendang Jadi Modern

"Sebenarnya belajar masak itu tidak sulit. Paling pertama kita harus berani untuk masak, harus mengenal basic atau dasar-dari memasak seperti cara menyalakan kompor hingga menggunakan pisau. Setelah itu yang penting masak saja, masalah rasa belakangan," jelas Chef Ragil ketika dihubungi detikFood (26/03).

Chef Ragil: Tumisan Sederhana Bisa Jadi  Andalan Saat Belajar MasakChef Ragil Imam Wibowo. Foto: Istimewa

Menurut chef yang memenangkan 'Asian Cuisine Chef of the Year 2018' ini, kebanyakan orang yang baru belajar masak terlalu memikirkan pendapat orang lain tentang makanan yang mereka buat.

"Kalau menambahkan bumbu bisa sesuai selera kita. Jadi yang kita utamakan saat belajar masak itu ya selera kita, jangan pikirkan orang lain. Lebih ke personal taste ya, misal suka rasa makanan yang lebih asin atau manis," lanjutnya.

Untuk menunya sendiri Chef Ragil menyarankan para pemula yang baru belajar masak bisa mulai membuat tumisan.

Chef Ragil: Tumisan Sederhana Bisa Jadi  Andalan Saat Belajar MasakBelajar Masak Untuk Pemula. Foto: Istimewa

"Sebenarnya paling gampang itu masakan yang tumis-tumisan. Jangan yang goreng-goreng dulu atau masakan yang berhubungan dengan banyak minyak, karena biasanya masih banyak yang parno dengan minyak panas," saran Chef Ragil yang juga mendirikan restoran Nusa Gastronomi Indonesia.

Tumisan sayur hingga tumis tahu dan tempe juga direkomendasikan Chef Ragil bagi pemula.

"Tumisan sayur atau tumisan bahan lainnya sama saja. Misalnya mau buat tumis tahu atau tempe mungkin tantangannya terletak pada saat menggoreng tahu tempe ini jadi bisa dipilih sesuai keahlian saja. Kalau masih takut menggoreng atau benar-benar pemula bisa buat tumisan sayur seperti capcay yang tidak perlu digoreng," ucapnya.

Chef Ragil: Tumisan Sederhana Bisa Jadi  Andalan Saat Belajar MasakTumisan sayur praktis. Foto: Istimewa

Selain tumisan, Chef Ragil juga menyarankan menu sop yang praktis. Seperti sop ayam atau sop sayur yang mudah dibuat.

"Kalau menu makanan saya di rumah setiap hari semuanya yang sederhana. Misalnya seperti aneka telur, opor, semur, tumis tahu tempe, tahu telor, atau sop yang berkuah," pungkasnya.

Sementara untuk tips belanja bahan makanan, Chef Ragil menyarankan tak perlu stok makanan terlalu banyak. Cukup beli bahan makanan untuk 3 hari agar kualitas kesegaran makanan tetap terjaga.


Baca Juga: Ini Cerita Chef Ragil yang Ajak Anak Memasak Sejak Kecil



Simak Video "Chef Ragil Sulap Masakan Minang Bergaya Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja