Perawat Ini Nangis Karena Tak Kebagian Bahan Makanan Akibat 'Panic Buying'

Riska Fitria - detikFood Selasa, 24 Mar 2020 18:30 WIB
perawat nangis Foto: istimewa
Jakarta -

Setelah berjaga nonstop di rumah sakit, seorang perawat kehabisan bahan makanan di supermarket. Ia pun menangis karena sedih.

Panic buying yang terjadi selama wabah virus corona ini banyak menimbulkan dampak di berbagai negara di dunia. Dampaknya bisa membuat orang lain menjadi kesusahan untuk mendapat makanan yang dibutuhkan.

Hal tersebut dialami oleh seorang perawat di England's National Health Service di West Yorkshire, Inggris. Perawat wanita Dawn Bilbrough telah bekerja dalam shift selama 48 jam di rumah sakit. Setelah mengakhiri shift kerja tersebut ia pun berniat untuk belanja bahan makanan di supermarket, lapor The Sun (20/03).

Namun, sesampainya di sana tak ada bahan makanan tersisa di rak-rak supermarket. Karena terjadi telah terjadi panic buying di sana yang dilakukan oleh masyarakat setempat, demi melindungi diri sendiri selama masa karantina.

Karena kesulitan mendapat makanan akibat dari panic buying tersebut, Dawn Bilbrough tak kuasa menahan tangis. Hingga ia mengungkapkan kekesalannya dengan penuh emosi melalui video yang diunggah di media sosialnya.

Perawat Ini Nangis Karena Tak Kebagian Bahan Makanan Akibat 'Panic Buying'Foto: istimewa


Baca Juga : Dampak Panic Buying, Harga Susu Formula Melonjak Rp 3 Juta


"Saya baru saja keluar dari supermarket dan tidak ada buah dan sayuran. Saya menangis di sana. Saya hanya ingin mendapatkan sesuatu untuk 48 jam ke depan. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa menjaga tubuh tetap sehat," ujarnya dalam video.

Dalam video itu juga memperlihatkan keadaan rak-rak supermarket yang sudah kosong. Sementara Dawn hanya bisa menatapi tanpa tahu apa yang harus diperbuat selain meluapkan kekesalan dan kesedihannya dengan menangis.

Video tersebut lantas menjadi viral dan mengundang empati dari netizen. Banyak juga dari netizen yang mengungkap kekesalannya atas terjadinya panic buying yang dapat menyulitkan orang lain.

Perawat Ini Nangis Karena Tak Kebagian Bahan Makanan Akibat 'Panic Buying'Foto: istimewa


Dawn mengatakan paska videonya menjadi viral, banyak pihak yang mengirimkannya makanan. Namun, ia meminta agar makanan tersebut dikirim ke bank makanan untuk dimanfaatkan orang yang lebih membutuhkan.

"Saya seorang wanita yang kuat dan mandiri, tetapi ada banyak orang yang mungkin tidak bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari supermarket sekarang dan kita perlu memikirkan mereka," ujarnya.

Dampak serupa bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya juga ada kisah memilukan dari seorang ibu dengan anak berkebutuhan khusus yang kesulitan mendapat makanan untuk anaknya tersebut.

Apalagi dengan kondisi yang diderita si anak harus membuatnya harus memakan makanan tertentu. Anak tersebut hanya bisa memakan pizza dan sosis frozen, sementara karena panic buying makanan tersebut tidak tersedia di supermarket mana pun.

Baca Juga : Dampak 'Panic Buying', Anak Berkebutuhan Khusus Sulit Dapat Makanan



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)