Masak Apa Hari Ini : Sup Kakap dan BBQ Sayap Ayam yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 21 Mar 2020 08:00 WIB
Delicious spicy buffalo chicken wings with beer, celery, carrot sticks and dipping sauces. Foto: iStock
Jakarta -

Akhir pekan Anda bisa masak yang sedikit beda. Ada sup ikan kakap yang segar kaya nutrisi. Atau sayap ayam BBQ yang gurih renyah dan pasti disukai keluarga.

Ikan kakap tak harus digoreng atau dibuat saus asam manis, dibuat sup juga enak. Kuahnya bening dengan rasa asam segar ditambah lettuce yang renyah. Sedap banget!

Kalau anak-anak suka sayap ayam, bisa Anda buat sayap ayam panggang dengan saus BBQ. Gurih renyah dengan balutan bumbu yang gurih wangi. Bersiaplah ketagihan.

Yang renyah gurih tentu jadi favorit. Apalagi udang yang diolah jadi rempeyek yang gurih renyah. Bumbunya harum dengan kriuk renyah adonan tepungnya bikin tak bisa berhenti mengunyah.

Jadi tak usah bingung, rekomendasi resep detikfood ini bisa jadi inspirasi memasak buat keluarga. Ayo, memasak!

Masak Apa Hari Ini : Sup Kakap dan BBQ Sayap Ayam yang SedapFoto: iStock/detikFood



1. Sup Kakap Lettuce

Cara hemat waktu memasak salah satunya memasak ikan dan jenis seafood lainnya. Karena ikan lebih cepat matang, selain itu juga kaya nutrisi termasuk asam lemak omega 3 yang menyehatkan jantung.

Pilih ikan kakap merah atau hitam, bisa diambil dagingnya saja atau dimasak bersama tulangnya. Pilih ikan yang segar, matanya bening, insangnya merah dan sisiknya masih lengkat.

Jagan terlalu lama merebus daging ikan karena akan keras atau kliat. Masukkan potongan lettuce saat ikan sudah matang, didihkan sebentar dan langsung matikan api. Cara membuat sup ikan yang segar ini bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Kakap dan BBQ Sayap Ayam yang SedapFoto: iStock/detikFood



2. Crispy BBQ Chicken Wings

Salah satu menu resto fast food ini memang digemari banyak orang termasuk anak-anak. Pilihlah sayap ayam yang sama ukurannya supaya saat dimasak bisa matang bersamaan.

Sayap ayam sebaiknya dipotong 2 dan sisihkan ujung yang runcing untuk bahan sup. Lumuri bumbu BBQ hingga rata dan pastikan matang merata dan bumbu meresap.

Tekstur sayap ayam jadi renyah garing karena dibalut tepung dan digoreng kering. Karena itu sebaiknya nikmati selagi hangat agar terasa gurih renyahnya. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Sup Kakap dan BBQ Sayap Ayam yang SedapFoto: detikcom



3. Rempeyek Udang

Kriuk renyah rasanya bikin tak bisa berhenti ngunyah. Terlihat gampang tapi bikin rempeyek ada triknya. Yang terpenting pilih udang segar ukuran kecil yang hampir sama. Ini agar rempek rasanya renyah dan udang jadi kering.

Untuk menggoreng rempeyek ini sebaiknya gunakan wajan besi atau aluminium. Tuangkan adonan dan beberapa udangnya di pinggiran wajan agar rempeyek bisa melebar dan kering.

Selalu gunakan api sedang setelah minyak panas. Pastikan minyak cukup merendam rempeyek hingga seluruhnya bisa matang. Jangan mengisi wajan terlalu banyak supaya rempeyek bisa kering seluruhnya. Ikuti petunjuk dalam resep ini untuk membuatnya.



Simak Video "Lezatnya Olahan Ikan Kapiek Khas Pekanbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)