4 Etika Makan yang Berlaku di Korea, Apa Saja?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 15 Mar 2020 18:00 WIB
makanan musim dingin korea Foto: iStock
Jakarta -

Table manner atau etika makan bisa berbeda di tiap tempat. Di Korea, ada 4 etika makan yang berlaku. Apa saja ya?

Table manner merupakan seperangkat aturan dan prinsip makan yang berlaku di jamuan resmi. Sifatnya tidak mengikat, namun sebaiknya diketahui peserta jamuan makan untuk menjaga kesopanan.

Korea Selatan merupakan negara yang tingkat kesopanannya sangat tinggi. Karena itulah mereka juga memiliki etika makan yang perlu diketahui orang-orang saat berkunjung ke sana.

Dilansir dari Koreaboo (12/3), YouTuber asal Korea Selatan yaitu Ssol memberitahukan apa saja table manner setiap makan di Korea. Mulai dari harus menyantap semua nasi yang disajikan hingga memegang mangkuk dengan benar.

Berikut 4 table manner (etika makan) yang harus dilakukan saat makan di Korea.

Baca Juga: Viral! Netizen Ini Bagikan Panduan Makan di Pernikahan Adat Batak

1. Makan Semua Nasi yang Disajikan

4 Etika Makan yang Berlaku di Korea, Apa Saja?Foto: iStock

Nasi merupakan salah satu bahan makanan pokok yang dikonsumsi orang Korea Selatan. Nasi biasa disantap dengan beragam sajian lauk pauk khas. Mulai dari lauk berupa daging, ikan, hingga kimchi.

Nasi yang disajikan untuk Anda harus dimakan sampai habis tak tersisa. Apalagi jika Anda disuguhkan nasi dari orang yang lebih tua, menyantap nasi sampai habis ini merupakan bentuk hormat untuk mereka.

2. Dahulukan Orang yang Lebih Tua Saat Mengambil Alat Makan

4 Etika Makan yang Berlaku di Korea, Apa Saja?Foto: iStock

Alat makan yang digunakan oleh orang Korea Selatan berupa sendok dan sumpit. Sendok digunakan untuk menyuapkan nasi dan menyantap sup. Sementara sumpit bisa dipakai untuk menikmati ramyeon, lauk, dan makanan lainnya.

Table manner yang harus dilakukan terkait alat makan ini adalah Anda harus mendahulukan orang tua untuk mengambil alat makan. Karena jika tidakmendahulukan itu dianggap tidak sopan.

3. Cara Menggunakan Tusuk Gigi

4 Etika Makan yang Berlaku di Korea, Apa Saja?Foto: iStock

Table manner yang harus diperhatikab saat makan di Korea selanjutnya adalah cara menggunakan tusuk gigi. Tusuk gigi biasa mereka pakai saat ada sisa makanan yang tersangkut di gigi.

Namun menggunakannya harus dengan cara yang sopan. Biasanya orang Korea akan menutup mulut saat menggunakan tusuk gigi.

Baca Juga: Tradisi Makan Bersama Melestarikan Budaya dan Kuliner

4. Jangan Memegang Mangkuk Saat Makan

4 Etika Makan yang Berlaku di Korea, Apa Saja?Foto: iStock

Memegang mangkuk saat makan dianggap hal yang tidak sopan dilakukan saat makan di Korea. Apalagi jika Anda sedang makan bersama orang yang lebih tua.

Jadi jangan sekali-kali memegang mangkuk berisi nasi dan menyantapnya. Lebih baik tetap taruh mangkuk dan menyendokkan nasi dengan lahap, itu etika makan yang benar.



Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)