Viral! Netizen Ini Bagikan Panduan Makan di Pernikahan Adat Batak 

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 24 Nov 2019 11:25 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Resepsi pernikahan adat Batak memiliki rangkaian panjang. Soal makanan, ada panduan yang perlu diperhatikan undangan non-Batak.

Resepsi pernikahan adat Batak berbeda dengan pernikahan adat lain di Indonesia. Rangkaiannya terbilang panjang sehingga untuk resepsi saja bisa memakan waktu sampai 5 jam. Berbeda dengan resepsi adat Jawa yang hanya dua jam.

Di Twitter, netizen bernama @ybsmee mengunggah thread panduan menghadiri pesta pernikahan Batak. Hal ini ia tujukan untuk undangan non-Batak. Hingga berita ini ditulis, unggahan @ybsmee (23/11) sudah mendapat lebih dari 1.600 likes dan 721 retweets.

"Panduan ini hanya berlaku untuk pesta adat batak yg dilangsungkan di wilayah JABODETABEK. Wilayah lain mungkin ada sedikit perbedaan," katanya. Ia juga menyarankan agar tamu mencari plang "Undangan Nasional".

Viral! Netizen Ini Bagikan Panduan Makan di Pernikahan Adat Batak Foto: Istimewa


Baca Juga: 5 Fakta di Balik Pesta Nikahan Viral Mirip Festival Kuliner

Pertama, tamu undangan disarankan datang tepat waktu. Sebab prosesi makan bersama digelar serentak sekitar pukul 12.30-13.00. "Kalau telat jangan harap dapat makan," tambahnya.

Terdapat dua area makan di pernikahan adat Batak. @ybsmee menulis, "Kalau kamu suka yg haram, silakan duduk di meja yg ada tulisan "Ale Ale" atau meja/bangku baris paling belakang. Jika suka yg halal, langsung ke bagian "Undangan Nasional"

Di area Undangan Nasional, makanan disajikan prasmanan. Namun biasanya hanya bertahan 2-3 jam saja setelah undangan adat selesai makan di area mereka, terkadang mampir ke area Undangan Nasional.

Baca Juga: Keren! Pasangan Ini Sajikan Makanan dari Limbah di Pesta Pernikahan Mereka

Viral! Netizen Ini Bagikan Panduan Makan di Pernikahan Adat Batak Foto: Istimewa

Untuk bersalaman dengan mempelai, @ybsmee sarankan tamu memanfaatkan waktu mulai makan. "Saat mulai makan, pengantin biasanya akan menyapa para tamu undangan nasional. Gunakan kesempatan ini untuk bersalaman dan berfoto," tulisnya.

Banyak netizen mengomentari thread ini dengan menuliskan pengalaman mereka datang ke resepsi pernikahan adat Batak. "Dateng telat 10 menit saja makanan ludes. Pulang kondangan aku mampir mcd," tulis @hanggraitawln.

Viral! Netizen Ini Bagikan Panduan Makan di Pernikahan Adat Batak Foto: Istimewa


"Pernah udangan ke temenku orang batak, ga dapat antrian makanan utama. Akhirnya cuma ngemil siomay, bakso, buah. Dan pas liat orang2 ambil makanan, gue ngomong dalam hati; itu piringnya yang kecil atau orang2 ini makannya banyak (porsinya kayak tumpeng) haha," sahut netizen @Dianiyoy. Apa kamu punya pengalaman serupa?

Simak Video "Bikin Laper: Sumsum Kambing dan Gulai Urat Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)