Bikin Netizen Takjub, Begini Cara Tulis Info Harga di Supermarket

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Mar 2020 18:00 WIB
Cara menulis informasi harga di supermarket Foto: Istimewa
Jakarta -

Supermarket punya ciri khas dalam menuliskan informasi harga di papan promosi. Untuk versi tulisan tangan, netizen ini mengungkap cara menulisnya.

Papan-papan promosi berisi informasi harga adalah pemandangan jamak saat kamu ke supermarket. Umumnya memakai dua versi yaitu tulisan hasil cetak komputer atau tulisan tangan.

Khusus yang tulisan tangan, bentuk huruf dan angkanya (font) begitu khas. Bentuknya tebal yang ditulis menggunakan spidol merah menyala untuk menyorot harga promo atau diskon.

Bikin Netizen Takjub, Begini Cara Tulis Info Harga di SupermarketFoto: Istimewa


Ternyata cara menulis harga di papan promosi ada tekniknya. Hal ini terungkap dari unggahan TikTok seorang netizen yang disebarluaskan pemilik Twitter @juriglagu. Meski hanya 10 detik, informasinya begitu menarik perhatian netizen.

Terlihat pegawai supermarket menggunakan penjepit kertas berisi alat tulis. "Baru tau nulisnya pake jepit kertas dikasih kapas," kata netizen bernama Yadi Yuwandi itu. Unggahannya di-like hingga lebih dari 29.000 kali dan di retweet hampir 15.000 kali.

Baca Juga: Ini Trik yang Dilakukan Supermarket Agar Pengunjung Kalap Belanja

Bikin Netizen Takjub, Begini Cara Tulis Info Harga di SupermarketFoto: Istimewa


Netizen lain lalu mengoreksi keterangan Yadi. "Bukan dikasih kapas, itu isi spidol dikeluarin trus dijepit baru ditetesin tinta," kata @achmadsucahyo. Netizen @jimeasidiqi melanjutkan, "Btw ada SOP nya buat nulis begituan, makanya sama semua."

Menurut @gheachntka, penggunaan penjepit kertas dan ujung spidol lebih efisien. "Ada yang emang pake spidol gede. Tp lebih efisien pake ini, karena kalo ini tinggal kasih tinta merah, gak perlu ambil spidol di area bazar dan harus masuk ketagihan perusahaan," tulisnya.

Bikin Netizen Takjub, Begini Cara Tulis Info Harga di SupermarketFoto: Istimewa


Baca Juga: Seperti Ini Trik Menyusuri Lorong Supermarket agar Tak Boros

Hal menarik lainnya adalah keterangan dari netizen lain soal standar penulisan informasi harga. @rapizalf mengunggah foto panduan menulis huruf per huruf sesuai standar.

Ia juga mencantumkan foto informasi ketentuan proses penulisan huruf dan angka point-of-purchase (POP). Salah satu poinnya berbunyi, "Gunakan drawing kit atau spidol artline untuk menuliskan huruf dan angka dengan gerakan serta arah seperti di bawah ini."

Bikin Netizen Takjub, Begini Cara Tulis Info Harga di SupermarketFoto: Istimewa


Melihat unggahan ini banyak netizen merasa takjub sekaligus tercerahkan. "Baru tau jg kalau itu jepit kertas dikasih kapas," kata seorang netizen. "Akhirnya ku bisa tidur dengan nyenyak," pungkas netizen lainnya.



Simak Video "Cari Bahan Masakan Jepang? Ini Tempatnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)