Cara Menyeduh dan Meracik Kopi yang Benar, Perhatikan 5 Tips Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 12 Mar 2020 07:30 WIB
kopi Cara menyeduh dan meracik kopi. Foto: iStock
Jakarta -

Hari Kopi Nasional diperingati tepat hari ini, Rabu (11/03). Tidak sembarangan mencampurkan kopi dengan air panas. Ternyata ada cara menyeduh dan meracik kopi yang benar. Kopi yang diracik dengan benar tentu akan menciptakan kepuasan bagi yang menikmatinya.

Selain memilih kopi yang berkualitas, ada juga hal lain yang perlu diperhatikan. Ada beberapa teknik yang dapat meningkatkan kualitas kopi.

Berikut ini 5 tips untuk menyeduh kopi yang enak:

1. Pilih Kopi

Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar.Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar. Foto: Istimewa

Secangkir kopi yang enak berawal dari pilihan kopi yang berkualitas baik. Untuk mendapatkan kopi segar, sebaiknya pilih penjual kopi yang memanggang kopi langsung di tempatnya. Jangan pilih kopi yang sudah dipanggang sudah lama karena aroma kopinya akan menghilang.

Jika membeli dalam bentuk biji, pastikan simpan kopi dengan benar. Simpan di wadah tertutup rapat dengan ukuran yang tidak terlalu banyak.

2. Giling Kopi

Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar.Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar. Foto: Istock

Cara menyeduh kopi hitam, kamu sebaiknya giling kopi segera sebelum menyeduhnya untuk menghasilkan rasa maksimal. Para ahli mengatakan kopi mulai kehilangan rasanya dalam 30 menit setelah ditumbuk. Giling terlalu halus akan mengekstrak kopi secara berlebihan dan rasanya pahit.

3. Ukur Kopi

Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar.Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar. Foto: istimewa

Sama halnya seperti membuat kue, dalam hal membuat kopi juga harus diukur. Idealnya perbandingan 1:20 (1 bagian kopi dengan 20 bagian air atau 7,5 gr kopi hingga 150 ml air) menghasilkan secangkir kopi yang kuat. Ada juga beberapa orang yang menyeduh kopi dengan perbandingan 1:14 atau 1:30.

4. Penggunaan Air

Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar.Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar. Foto: Getty Images

Untuk menghasilkan rasa kopi yang berkualitas penggunaan air juga perlu diperhatikan. Cara menyeduh kopi ala barista ini bisa menggunakan air yang telah disaring atau gunakan air minum kemasan. Sebaiknya jangan menggunakan air yang telah disuling atau diringankan kadar mineralnya.

Untuk meracik kopi kamu juga bisa menggunakan kertas filter untuk memisahkan ampas kopi. Gunakan ketel untuk memanaskan 50 ml atau seperempat cair air hingga 93 derajat celcius. Secara perlahan tuangkan air panas ke bubuk kopi dan pastikan semua air membasahi permukaannya. Biarkan selama 45 detik sebelum dinikmati.

5. Suhu untuk Meracik Kopi

Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar.Cara menyeduh dan meracik kopi yang benar. Foto: Getty Images


Suhu paling ideal untuk menyeduh kopi adalah 90 hingga 96 derajat celcius. Suhu yang lebih dingin bisa menyebabkan rasa kopi cenderung datar sedangkan kopi yang dimasak dalam suhu terlalu panas akan menghilangkan rasa kopi tersebut.

Cara membuat kopi bubuk tanpa ampas sebaiknya lakukan 5 tips di atas ya detikers.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)