Sate Nusantara Enak

Lamak Bana! 5 Sate Padang yang Terkenal Enak di Jakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 07 Mar 2020 17:00 WIB
Halaman 1 dari 6
sate padang Foto: Instagram @cabemicin
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak
Jakarta -

Berasal dari Sumatera Barat, sate Padang juga populer di Jakarta. Ini 5 tempat makan sate Padang yang terkenal enak di ibu kota!

Sate Padang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari potongan daging sapi atau kerbau pipih yang telah diolah dengan beragam bumbu rempah. Ada juga yang menggunakan jeroan sepeti lidah, usus, paru, dan jantung sapi. Setelah itu potongan sate ditusuk dan dibakar di atas arang.

Berbeda dengan sate yang banyak ditemui di Pulau Jawa, sate Padang disajikan dengan siraman kuah kental yang terbuat dari tepung beras, bumbu rempah seperti cabai merah, serai, jinten, ketumbar, jahe, kunyit, dan lainnya. Siraman kuah kental ini rasanya gurih berempah dan agak pedas.

Untuk sate Padang sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung daerahnya masing-masing. Ada tiga jenis sate Padang yaitu sate Padang khas Padang Panjang, Pariaman, dan Padang Kota.

Perbedaan sate Padang ini terlihat dari kuah kentalnya. Padang Panjang kuahnya berwarna kuning, khas Pariaman kuahnya berwarna merah, dan Padang Kota kuahnya berwarna kecokelatan.

Untuk menikmati seporsi sate Padang nikmat, Anda tak perlu jauh-jauh ke Padang, Sumatera Barat. Karena sate Padang ini sudah tersebar di berbagai daerah, salah satunya di Jakarta.

Berikut 5 tempat makan sate Padang yang enak dan paling terkenal.

Baca Juga: Mantul! Ini 5 Sate Ayam Madura Legendaris di Jakarta

(yms/adr)
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak