Sate Nusantara Enak

Resep Sate Madura hingga Sate Sapi yang Gampang Dibuat

Devi Setya - detikFood Sabtu, 07 Mar 2020 10:00 WIB
sate kambing Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak
Jakarta -

Bingung mau masak apa untuk orang tercinta? Coba buatkan racikan sate yang mantap dengan guyuran bumbu kacang dan bumbu kecap yang sedap.

Ragam sate di Indonesia memang sangat banyak jumlahnya dan semua sate sama-sama menggoda selera. Sate buatan sendiri juga tak kalah enak dengan racikan para penjual sate legendaris.

Yuk, bikin sate Madura hingga sate sapi yang lezat dengan rekomendasi resep berikut.

1. Sate Sapi Bumbu Kecap

Resep Sate Madura hingga Sate Sapi yang Gampang DibuatFoto: iStock


Sate daging sapi termasuk ragam sate yang paling mudah dibuat dan disukai banyak orang. Sate sapi bisa disajikan dengan pelengkap sambal kecap yang diberi irisan cabai rawit, bawang merah dan tomat.

Potong daging sapi berbentuk dadu lalu tusuk menggunakan tusukan sate. Panggang hingga matang menggunakan arang kayu. Sate daging sapi ini tak perlu dimasak terlalu lama supaya teksturnya masih empuk juicy. Bikin sate daging sapi dengan resep lengkap ini.

2. Sate Ayam Madura

Resep Sate Madura hingga Sate Sapi yang Gampang DibuatFoto: Instagram


Siapa yang sanggup menolak kelezatan sate Madura yang disajikan dengan bumbu kacang? Ya, sate dengan bumbu kacang yang lembut creamy ini memang menawarkan sensasi tersendiri ketika disantap.

Makan sate Madura ini paling enak dengan sepiring nasi putih hangat. Supaya makin segar, tambahkan kucuran air jeruk nipis sebelum menikmati sate ini. Sate Madura yang enak dan praktis bisa dibuat dengan resep ini.

3. Sate Lilit

Resep Sate Madura hingga Sate Sapi yang Gampang DibuatFoto: Detikfood


Sate lilit khas Bali yang satu ini terbuat dari daging ayam yang dicincang hingga halus. Bumbunya ada bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe, lengkuas, kencur dan kunyit. Rasa rempah memang dominan menyeruak lewat aroma dan rasa sate lilit.

Sate lilit semakin nikmat jika dibuat menggunakan serai sebagai tusukannya. Aroma segar serai akan tercium ketika sate dipanggang. Hadirkan suasana liburan di Pulau Dewata dengan menghadirkan sate lilit Bali di rumah dengan racikan resep ini.

4. Sate Sapi Kelapa

Resep Sate Madura hingga Sate Sapi yang Gampang DibuatFoto: detikfood


Gurih sedap kelapa parut bisa jadi pelengkap pada sate berbahan daging sapi. Anda bisa mendapatkan olahan daging sapi yang enak bertekstur empuk.

Gunakan bumbu seperti bawang putih,kemiri, ketumbar, jinten, merica dan gula merah. Rendam sate dengan bumbu ini agar meresap. Kelapa parut membuat rasa sate lebih gurih, yuk bikin dengan resep ini.

5. Sate kambing

Resep Sate Madura hingga Sate Sapi yang Gampang DibuatFoto: Istimewa


Sate kambing yang empuk dan tak alot pasti disukai banyak orang. Apalagi kalau sate yang diolah ini tak memiliki bau prengus khas kambing.

Supaya daging kambing empuk, gunakan jus nanas atau daun pepaya untuk membuat teksturnya empuk. Resep sate kambing mudah bisa dibuat dengan resep ini. Lengkapi juga dengan sambal kecap dan irisan cabai rawit.




Simak Video "Gurih Khas Sate Maranggi Purwakarta yang Nendang di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak