Baki Makanan di Pesawat Ternyata Paling Jorok, Ini Faktanya

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Feb 2020 13:00 WIB
baki makanan di pesawat Baki makanan di pesawat ternyata jorok Foto: Getty Images
Jakarta -

Awak kabin membagikan tips makan di pesawat. Baki makanan di pesawat ternyata paling jorok untuk alas makanan.

Dimana pun kita berada, kebersihan harus menjadi hal yang utama. Begitupun saat berada di dalam pesawat. Transportasi umum seperti pesawat bukan tidak mungkin merupakan tempat bersarangnya bakteri.

Mungkin toilet merupakan area yang cenderung dianggap kotor oleh penumpang. Namun, baki makanan di pesawat yang disajikan oleh awak kabin juga tak luput dari bakteri dan jamur yang kotor.

Baki Makanan di Pesawat Ternyata Paling Jorok, Ini FaktanyaBaki makanan di pesawat ternyata jorok Foto: iStock

Hal tersebut diungkap oleh salah satu mantan awak kabin yang bekerja di sebuah maskapai penerbangan. Melalui unggahannya di situs Reddit, ia mengatakan bahwa baki yang biasa digunakan untuk alas makanan di pesawat adalah tempat yang menjijikkan.

Karenanya awak kabin tersebut menyarankan untuk menghindari nampan atau baki makanan di pesawat ketika memulai makan. Pasalnya, baki makanan di pesawat tersebut tidak benar-benar dibersihkan oleh awak kabin.

Baca Juga : Saat Berada di Dalam Pesawat, 10 Makanan Ini Tak Boleh Disantap (2)

Mantan awak kabin yang tidak ingin diketahui namanya tersebut menjelaskan bahwa sebagian besar permukaan baki makanan di pesawat disemprot dan dibersihkan dengan menggunakan cairan antibakteri. Namun, cairan antibakteri tersebut bukan sanitizer yang utama.

Baki Makanan di Pesawat Ternyata Paling Jorok, Ini FaktanyaBaki makanan di pesawat ternyata jorok Foto: iStock

"Cairan antibakteri itu juga digunakan untuk membersihkan meja kecil. Itu sangat encer dan mungkin tidak benar-benar membersihkan bakteri yang menempel pada permukaan nampan atau meja," ujarnya seperti yang dikutip dari Express UK (17/02).

Oleh karena itu, ia juga meminta para penumpang pesawat untuk berhenti dari kebiasaan meletakkan makanan langsung di atas baki makanan di pesawat tersebut.

Unggahannya tersebut banyak ditanggapi oleh netizen. Bahkan rahasia kebersihan nampan makanan tersebut juga dibenarkan oleh seorang netizen yang istrinya bekerja sebagai pramugari.

Baki Makanan di Pesawat Ternyata Paling Jorok, Ini FaktanyaBaki makanan di pesawat ternyata jorok Foto: iStock

"Jangan makan makanan yang dijatuhkan di atas meja nampan. Nampan tersebut tidak pernah dibersihkan, apalagi banyak orang yang mengganti popok anaknya di meja nampan tersebut," komentar salah satu netizen.

Menurut CBA News Marketplace, baki makanan di pesawat memang tempat yang paling kotor urutan ke-4 setelah sandaran kepala, kursi dan pegangan toilet. Karenanya, mereka menyarankan penumpang pesawat untuk menjaga tangan selalu bersih dengan sanitizer.

Baca Juga : Mau Komentari Makanan Pesawat dari Seluruh Dunia? Intip Instagram Ini



Simak Video "Olahan Petis Kambing Runting Khas Pati"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)