Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit Perut

Devi Setya - detikFood Sabtu, 22 Feb 2020 11:00 WIB
Bakwan is a fried food made from vegetables and flour commonly found in Indonesia. [1] Bakwan usually refers to snack snacks on vegetables that are usually sold by traveling vendors. The ingredients consist of bean sprouts, sliced cabbage (cabbage) or carrot slices, mixed in a flour mixture and fried in a lot of cooking oil. In West Java bakwan is called bala-bala, in Central Java especially Pati area is called Pia-pia. Bakwan is similar to Japanese cuisine Yasai Tenpura (vegetable tempura). Foto: iStock
Jakarta -

Jalan-jalan di akhir pekan memang bisa jadi agenda menyenangkan. Tapi perhatikan asupan makanan ya supaya traveling nyaman tanpa sakit perut.

Rasanya akan sangat mengganggu dan tak nyaman jika di tengah perjalanan merasa ada masalah di perut. Agar kejadian ini tak mengganggu traveling, cobalah hindari beberapa makanan yang memicu hadirnya masalah perut.


Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat traveling


1. Gorengan

Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit PerutFoto: iStock


Gorengan termasuk makanan pertama yang tak boleh disantap saat akan traveling. Dalam gorengan terkandung banyak lemak yang bisa mengganggu proses metabolisme dan pencernaan.

Bukan hanya itu gorengan yang bersifat kering dan berminyak juga menjadi pemicu timbulnya batuk dan sakit tenggorokan. Jadi kalau mau traveling nyaman cobalah untuk menghindari konsumsi gorengan. Pilih makanan yang lebih sehat seperti buah jika ingin mengganjal perut.

Baca juga : 5 Tips Agar Kamu Tak Canggung Makan Sendirian Saat Traveling


2. Produk olahan susu

Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit PerutFoto: iStock


Susu secara alami mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi tidak disarankan dikonsumsi ketika akan bepergian. Susu dan produk olahannya secara tak langsung bisa menjadi pemicu kembung.

Jika dikonsumsi sebelum mulai perjalanan, susu akan membuat perut merasa mual. Jadi pilihlah jenis makanan lain yang tidak mengundang rasa mual. Alih-alih menampung energi, susu malah memancing rasa mual dan efek ingin muntah.


3. Buah jeruk

Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit PerutFoto: iStock


Rasa jeruk yang asam manis memang menggoda untuk disantap sebelum melakukan perjalanan. Apalagi sensasi rasa segar usai menyantap jeruk kadang bikin mata yang kantuk kembali jadi melek.

Tapi sayangnya, jeruk yang kaya akan serat ini justru bisa mengganggu sistem pencernaan. Jeruk juga menjadi pemicu sakit perut. Jika ingin makan buah, cobalah pilih buah lain seperti apel atau anggur.


4. Makanan pedas

Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit PerutFoto: iStock


Sulit sekali menolak hidangan pedas dengan sambal berlimpah. Bagi pencinta pedas, sambal seolah jadi penggoda selera makan. Tapi cobalah berhenti makan sambal dan makanan pedas saat akan melakukan perjalanan.

Tak hanya sambal, camilan seperti keripik pedas juga tak disarankan untuk dikonsumsi. Saat makan memang terasa menyenangkan tapi efeknya bisa fatal. Perut akan terasa melilit, mulas dan bisa jadi diare. Anda pasti tak mau kan perjalanan traveling terganggu hal sepele seperti ini?

Baca juga : Ini Trik Mudah Pilih Makanan Sehat Saat Traveling


5. Minuman bersoda

Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit PerutFoto: iStock


Meneguk minuman bersoda memang menyegarkan, apalagi saat cuaca panas. Eits, tapi meskipun menggoda, cobalah untuk menahan nafsu untuk minum minuman bersoda.

Minuman bersoda yang terasa segar ini secara alami membuat tubuh cepat kehilangan daya tahan. Kandungan gula yang tinggi pada minuman soda memang menghasilkan tendangan energi instan namun akan cepat hilang dan merasa lebih mudah haus.



Simak Video "Menyantap ‘Superman' di DC Comics Super Heroes Cafe"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)