5 Tips Agar Kamu Tak Canggung Makan Sendirian Saat Traveling

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 28 Sep 2019 09:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Traveling terasa tak lengkap tanpa mencicip makanan setempat. Bagi solo traveler, ada tips supaya tak canggung ketika kamu makan sendiri.

Traveling dan kulineran adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Pasalnya traveling tak lengkap tanpa mencicip makanan khas suatu tempat. Hal ini tidak masalah saat Anda traveling bersama banyak orang.

Khusus bagi solo traveler atau mereka yang traveling sendiri, biasanya akan merasa canggung saat harus makan sendirian. Tapi tak perlu khawatir, Travel + Leisure (13/9) memberi sejumlah tips agar kamu tak canggung makan sendirian saat traveling.


1. Pergi ke tempat makan yang kasual

5 Tips Agar Kamu Tak Canggung Makan Sendirian Saat TravelingFoto: iStock

Angela Skowronek, pendiri aplikasi SheGoes Solo Travel yang khusus bagi solo traveler, memberi tips soal makan sendirian ketika traveling. Pertama, ia menyarankan pilih restoran atau kafe yang konsepnya kasual. Bukan restoran resmi atau fine dining yang suasananya serius.

"Jika ingin makan sendirian, mulailah dengan sarapan atau makan siang di restoran atau kafe yang konsepnya santai dari pada makan malam di restoran kelas atas," kata Skowronek. Tempat makan kasual juga memungkinkan kamu tak canggung meski hanya ingin ngemil. Di sini juga kamu akan merasa lebih mudah berbaur dengan suasana sekitar.

2. Pilih tempat duduk khusus
Jika ada beberapa area tempat duduk di sebuah tempat makan, perhatikan lokasinya. Solo traveler disarankan pilih duduk di area bar atau meja komunal dimana pengunjung bisa makan ramai-ramai dengan santai.

"Setiap kali saya melakukan ini, saya selalu berteman dengan dengan bartender dan dengan orang-orang yang memesan minuman di sekitar saya," kata Anyaoha. Ia tak menampik dari obrolan informal bisa berlanjut ke persahabatan yang langgeng.

3. Menikmati makanan dan suasana restoran

5 Tips Agar Kamu Tak Canggung Makan Sendirian Saat TravelingFoto: iStock

Makan sendirian bukan berarti tak bisa melakukan kegiatan apapun. Anda bisa berusaha menikmati makanan dan suasana restoran dengan fokus pada suasana yang ada. "Ketika Anda sendirian, Anda memiliki kemampuan untuk menjadi tidak terlalu terganggu, lebih fokus, lebih jeli," kata Skowronek.

Ia menyarankan untuk duduk di suatu tempat yang menghadap ke jalan atau pintu sehingga Anda bisa 'menonton' orang lalu lalang. "Berusahalah untuk memperhatikan suasana tempat itu: suara apa yang Anda dengar dan bau apa yang menghampiri Anda. Dan makan perlahan - nikmati dan hargai setiap gigitan," lanjut Skowronek.

4. Bawa sesuatu
Kalau benar-benar tak mau 'mati gaya', Anda bisa membawa sesuatu yang jadi distraksi. Misal menenteng buku yang belum selesai Anda baca, majalah yang memang Anda ingin tahu isinya, atau sekadar menulis jurnal harian.

Cara lain adalah dengan mengatur perspektif Anda. Coba pikirkan bahwa waktu makan sendirian Anda sangat sedikit dibanding ribuan waktu makan lain yang telah Anda lalui beramai-ramai. Nikmati waktu traveling sendirian itu untuk bersenang-senang dan 'bersahabat' dengan diri sendiri.

5. Latihan terus

5 Tips Agar Kamu Tak Canggung Makan Sendirian Saat TravelingFoto: iStock

Terakhir, tak ada salahnya terus berlatih nyaman dengan diri sendiri ketika makan sendirian. Skowronek berujar, "Menjadi nyaman ketika makan sendirian bukanlah sifat yang sudah tertanam sejak lahir atau tidak. Ini adalah keterampilan yang dapat Anda bangun, seperti belajar bahasa atau bermain piano."

Karenanya ia menyarankan untuk terus berlatih. "Mulailah dari yang kecil seperti sarapan di kafe kasual, lalu lanjutkan perjalananmu," katanya. Kuncinya adalah sabar dengan diri sendiri dan ingat bahwa semua akan jadi lebih baik.





Simak Video "Masak Masak: Bikin Kopi Literan Sendiri di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)