Es Campur Segar

5 Jenis Es Serut Populer di Asia, dari Es Teler sampai Pat Bing Soo

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 21 Feb 2020 16:00 WIB
Es Teler, an Indonesian iced dessert of tropical fruit cocktail. Coconut, jackfruit, and avocado with sweet coconut milk soup and crushed ice. Served in ceramic bowl and saucer. Foto: iStock
Jakarta -

Es serut tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di negara Asia lain. Korea, misalnya, punya pat bing soo. Bagaimana dengan es serut Asia lainnya?

Es serut dengan cita rasa segar dan manis sangat nikmat disantap di siang hari yang panas. Sudah pasti es serut mampu membilas dahaga sekaligus menyegarkan.

Tak hanya dengan sirup atau susu kental manis, es serut juga banyak dilengkapi dengan topping lainnya. Yang biasa digunakan antara lain buah-buahan segar, jeli, cokelat, kacang, dan lainnya.

Indonesia memiliki banyak sekali jenis es serut yang terkenal nikmat. Namun yang paling terkenal adalah es teler dengan campuran buah segar. Di negara Asia lain juga ada kreasi serupa es serut. Kakigori berasal dari Jepang, lalu ada Ice Kacang Malaysia, hingga Pat Bing Soo yang sangat menyegarkan.

1. Es Teler (Indonesia)

5 Jenis Es Serut Populer di Asia, dari Es Teler sampai Pat Bing SooEs Teler (Es Serut Indonesia) Foto: iStock

Es teler merupakan es asli Jawa Tengah, Indonesia. Sajian es serut segar ini disajikan dengan buah-buahan seperti alpukat, kelapa muda, nangka, lalu ada tambahan cincau atau jeli. Siramannya santan yang ditambahkan susu kental manis.

Awal mula es teler ini dari Sukoharjo, ditemukan oleh Hj. Samijem Darmo Putro pada tahun 1957. Namun baru mulai diperdagangkan pada tahun 1967 oleh Tukiman Darmowijono yang merupakan anak dari Hj. Samijem. Mereka menamai warung es teler tersebut dengan sebutan Es Teler Sari Mulia asli.

Baca Juga: Es Teler Pertama di Indonesia, Disukai Artis hingga Presiden

2. Kakigori (Jepang)

5 Jenis Es Serut Populer di Asia, dari Es Teler sampai Pat Bing SooKakigori (Es Serut Jepang) Foto: iStock

Es serut ini berasal dari Jepang yang bernama kakigori. Kakigori sangat populer di sana, apalagi saat musim panas karena bisa memberikan kesegaran. Kakigori konon sudah ada sejak periode Heian pada sekitar abad ke-11. Dulunya es ini disajikan dengan cairan manis dari jenis tanaman merambat yaitu hydrangea dan ivy.

Namun kini kakigori disajikan dari es batu yang diserut halus lalu disiram dengan sirop aneka rasa, biasanya menggunakan sirop buah yang segar. Kreasi kakigori kian beragam seperti ditambahkan selai stroberi dan buah segar hingga topping buah kaleng seperti leci, potongan buah stroberi, dan pasta kacang merah.

3. Ice Kacang (Malaysia)

5 Jenis Es Serut Populer di Asia, dari Es Teler sampai Pat Bing SooIce Kacang (Es Serut Malaysia) Foto: iStock

Berasal dari negeri jiran Malaysia, es serut ini bernama Ice Kacang. Namun di negara asalnya es tersebut memiliki nama lain yaitu ABC yang merupakan singkatan dari Air Batu Campur. Es ini sangat populer di Malaysia khususnya di Penang.

Ice kacang disajikan dengan es serut yang diberikan sirop manis, lalu diberikan topping berupa kacang-kacangan. Diantaranya ada kacang merah yang telah diolah, kacang tanah sangrai, cendol, cincau, dan jagung. Ada juga tambahan buah leci kalengan maupun kelengkeng.

4. Halo Halo (Filipina)

5 Jenis Es Serut Populer di Asia, dari Es Teler sampai Pat Bing SooHalo Halo (Es Serut Thailand) Foto: iStock

Es serut berikut ini memiliki nama yang cukup unik yaitu Halo Halo. Nama tersebut memiliki arti 'campur campur' dalam bahasa Tagalog. Karena memang disajikan dengan mencampurkan banyak bahan makanan.

Diantaranya ada es krim ubi ungu, kelapa muda, kacang-kacangan, nangka, jagung, cincau, dan buah lainnya. Semua campuran tersebut menyuguhkan rasa yang nikmat ketika disantap bersama es serut segar.

5. Patbingsu (Korea Selatan)

5 Jenis Es Serut Populer di Asia, dari Es Teler sampai Pat Bing SooPatbingsu (Es Serut Korea Selatan) Foto: iStock

Satu lagi es serut asal Asia yang sangat populer yaitu Patbingsu. Patbingsu ini sangat digemari oleh warga Korea Selatan sebagai hidangan pencuci mulut. Sajian es satu ini juga sangat digemari saat musim panas tiba.

Patbingsu ini disajikan dalam wadah mangkuk dan es serutnya dibentuk seperti gunung. Tak hanya disajikan dengan siraman sirop manis, ada juga tambahan buah segar, kacang, cokelat, es krim, tteok (kue beras), tak lupa segelas kecil susu kental manis untuk memaksimalkan rasanya.

Baca Juga: Di Sini Bisa Jajan Bingsu Khas Korea Aneka Rasa



Simak Video "Rahasia Nikmatnya Es Teler Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)