Masak Apa Hari Ini : Sayur Asam Udang dan Telur Berenda yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 21 Feb 2020 08:30 WIB
telur dadar untuk sahur Foto: Instagram
Jakarta -

Masakan yang segar dan hangat pasti lebih menggugah selera. Seperti sayur asam udang dan telur dadar yang digoreng garing. Sedap menggoda selera keluarga.

Sekali-sekali olah udang dengan cara berbeda. Udang biasanya digoreng atau dibikin rempeyek. Kali ini diolah dengan kuah pedas dengan paduan jamur merang. Rasanya asam segar dan bikin melek.

Olahan sayuran yang pedas menyengat juga enak dimakan dengan nasi. Terung ungu yang segar, enak diolah dengan samba lado atau sambal merah yang pedas, asam sekaligus segar.

Yang sederhana bukan berarti tidak menarik. Telur dadar gaya Jawa yang keriting garing bisa menerbitkan selera makan. Meskipun hanya dikucuri kecap manis dan disuap dengan sedikit sambal.

Beberapa pilihan resep detikfood ini bisa jadi pilihan untuk menu harian keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Asam Udang dan Telur Berenda yang SedapFoto: detikcom



1. Sayur Asam Udang

Biasanya sayur asam memakai campuran beragam sayuran. Diberi bumbu halus dengan tambahan belimbing sayur atau asam Jawa. Kali ini Anda bisa mencoba memakai udang segar sebagai bahan sayur asam.

Pilih udang ukuran sedang yang segar. Kulit dan kepalanya masih lekat, bening dengan aroma laut yang segar. Buang kepala udang lalu cuci bersih di bawah air mengalir agar semua kotorannya larut dan tiriskan.

Sebaiknya rebus bumbu dan air beberapa saat hingga matang. Karena udang cepat matang, tambahkan setelah kuah berbumbu mendidih beberapa saat. Demikian juga dengan cabai hijau utuh, masukkan terakhir agar tetao renyah. Untuk membuat sayur asam udang ini ikuti saja resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Asam Udang dan Telur Berenda yang SedapFoto: iStock



2. Sambal Terong

Orang sering menyebut hidangan sederhana ini sebagai terong balado atau terong samba lado. Bahan utamanya terong dan sambal. Untuk terong, gunakan jenis terong ungu yang bulat panjang. Pilih ukuran sedang yang masih juicy teksturnya.

Potong-potong tering sepanjang 5 cm kemudian belah 4 dan rendam dalam air dengan sedikit garam agar warnanya tidak kecokelatan. Tiriskan terong saat akan digoreng, biarkan beberapa saat agar tiris airnya.

Goreng terong dalam minyak panas dan banyak dengan api sedang. Biarkan hingga layu lalu angkat segera. Jangan terlalu lama menggoreng agar teksturnya tidak lonyot atau lembek.

Untuk sambalnya bisa digerus halus atau ditumbuk kasar sesuai selera. Tumis hingga benar-benar matang dan menguap airnya. Kemudian masukkan terong goreng dan aduk sebentar hingga meresap ke dalam terong. Ikuti tahap-tahap membuatnya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Asam Udang dan Telur Berenda yang SedapFoto: Odilia WS



3. Telur Berenda

Telur dadar akhir-akhir ini populer sebagai menu rumah makan. Dengan paduan kecap dan sambal, telur dadar sudah terasa enak. Ada telur dadar versi warteg Jawa yang gurih enak karena digoreng dalam minyak banyak dan panas.

Telur dadar yang garing dan keriting ini bisa ditambah dengan sambal terasi atau irisan halus cabai rawit hijau. Rasa peda segarnya akan membuat telur dadar ini makin enak dimakan hangat.

Saat diangkat dari wajan, telur dadar ini biasanya berminyak. Tekan dengan spatula dan tiriskan hingga kering minyaknya. Untuk mendapatkan 'keriting' yang renyah, gunakan minyak yang banyak. Ikuti tahapan dalam resep ini untuk membuatnya. Lihat cara membuatnya di resep ini.





Simak Video "Resep Bikin Telur Dadar Kuah ala Ussy Sulistyawati"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)