Unik! Di Jepang Ada Festival Kumpulkan Tawon Bernama 'Kushihara Hebo Matsuri'

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 19 Feb 2020 14:00 WIB
orang jepang makan tawon Foto: Istimewa
Jakarta -

Jepang terkenal dengan sushi, ramen, hingga matcha yang nikmat. Namun di Jepang ada juga olahan tawon yang biasa disantap. Jepang bahkan punya festival tawon!

Di Jepang, tawon dijadikan makanan dan memiliki festival tersendiri. Dalam bahasa Jepang 'hebo' berarti tawon, maka itu festival ini dinamakan Kushihara Hebo Matsuri dimana pada festival tersebut orang-orang Jepang mengumpulkan tawon beserta sarangnya.

Seperti dilansir dari BBC (18/2), festival ini diadakan di di Nagano dan prefektur Gifu. Festival mengumpulkan tawon selalu berlangsung pada 3 November. Biasanya mereka akan mengumpulkan, lalu menyantap makanan, serta membeli tawon-tawon tersebut.

Unik! Di Jepang Ada Festival Kumpulkan Tawon Bernama 'Kushihara Hebo Matsuri'Foto: Istimewa

Tawon beserta sarangnya yang didapatkan dari hutan lalu dikumpulkan dan dihitung per kilogramnya. Bagi pengumpul sarang tawon dengan bobot terberat akan dianugerahi sebuah piala dan penghargaan lainnya.

Ada juga yang menjual sarang tawon beserta tawon tersebut, harganya bahkan bisa mencapai 9.000 yen atau setara Rp. 1.121.285 per kilogram. Karena tidak hanya menjual tawon namun juga terdapat madu asli yang bernilai tinggi.

Baca Juga: Geger Tawon Vespa, Warga Banyuwangi Malah Bikin 'Sangar Tawon' yang Lezat

Festival ini sudah ada sejak 1993, bahkan festival mengumpulkan tawon ini juga disiarkan stasiun TV Nasional di Jepang. Pada 2010 lalu festival tawon hampir ditiadakan karena populasi di wilayah tersebut yang terus menurun, namun banyak juga yang menentangnya.

Unik! Di Jepang Ada Festival Kumpulkan Tawon Bernama 'Kushihara Hebo Matsuri'Foto: Istimewa

Daisuke Miyake (42) selaku penjaga hutan setempat mengatakan, "Selama satu orang yang mencintai hebo (tawon) masih hidup, kita akan memiliki motivasi yang cukup untuk tetap menjaga tradisi tersebut." Miyake pun menambahkan, "Hebo (tawon) adalah cara untuk menghubungkan orang."

Dalam Kashihura Hebo Matsuri, peserta tak hanya disuguhkan dengan olahan tawon saja, namun ada juga makanan yang sangat populer di festival tersebut. Makanan itu bernama hebo gohei mochi. Bahan dasarnya beras ketan yang diolah dengan saus manis, kacang dan tentunya ada sentuhan tawon. Kemudian olahan mochi berbentuk sate tersebut dipanggang.

Unik! Di Jepang Ada Festival Kumpulkan Tawon Bernama 'Kushihara Hebo Matsuri'Foto: Istimewa

Di Indonesia juga ada orang-orang yang gemar menyantap tawon. Sempat heboh beberapa waktu lalu saat ditemukannya sarang tawon raksasa di Desan Kedungdowo, Kudus, Jawa Tengah. Para petugas yang mengambil sarang tawon tersebut setelahya menyantap larva yang tertinggal pada sarang tawon itu.

Larva tawon atau tawon itu sendiri memang terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Menurut beberapa sumber, larva tawon atau tawon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan stamina agar tidak mudah lelah.

Baca Juga: Larva Tawon Vespa yang Gurih Manis Dinikmati Warga Kudus



Simak Video "Legit! Kue Tobu'u yang Buat Hati Menyatu"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)