Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat Jagung dan Pasta Bolognese

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 15 Feb 2020 08:00 WIB
pasta Foto: iStock
Jakarta -

Akhir pekan saatnya memasak hidangan spesial buat keluarga. Seperti hidangan Italia populer yang enak. Rasa asam, segar dan gurihnya bakal disukai keluarga.

Hidangan Italia punya rasa yang lebih 'berwarna' dibandingkan negara Eropa lainnya. Ini karena hidangan Italia memakai bahan segar dan rempah-rempah sebagai bumbunya. Membuatnya tak serumit seperti yang kamu kira.

Saat udara dingin usai hujan, paling pas menikmati sup yang hangat dan kaya rasa. Seperti tomat segar yang diracik menjadi sup dengan paduan jagung manis. Asam, segar, sedikit manis dan gurih rasa sup ini makin mantap disantap dengan roti panggang


Pasta punya banyak jenis dan menjadi makanan yang disukai banyak orang. Seperti pasta klasik Italia yang populer di dunia meskipun tak dikenal di daerah asalnya. Pasta dengan saus bolognese mudah dibuat sendiri.

Bola-bola daging yang gurih juicy juga disukai keluarga. Apalagi jika diberi bumbu dan saus yang lebih berani rasanya. Dengan bumbu pedas, asam, sedikit manis bisa membuat bola daging enak dimakan dengan nasi, kentang panggang/rebus atau pasta.

Beberapa resep pilihan detikfood ini bisa jadi inspirasi menu akhir pekan keluarga. Pilih sesuai selera dan ajak keluarga menentukan menu istimewa apa yang akan dimasak.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat Jagung dan Pasta Bolognese Foto: detikfood



1. Sup Tomat Jagung Manis

Tomat yang berlimpah dan murah harganya tak sekedar enak dibuat sambal. Tomat yang masak juga enak dibuat sup. Apalagi dipadukan dengan biji jagung manis dan daging asap. Makin mantap!

Untuk jagung manis sebaiknya pilih yang cukup tuanya dan jenis yang manis. Sisir kasar biji jagung manis dan masukkan setelah sup dibumbui. Jangan terlalu lama memasak agar jagung tetap terasa renyah manis.

Tomat yang cocok untuk sup adalah tomat masak dengan warna merah merata. Tomat masak akan punya rasa sedikit manis, warna merah cantik dan tidak terlalu asam. Kalau ada boleh dipakai tomat Italia utuh kalengan. Resep lengkapnya bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat Jagung dan Pasta Bolognese Foto: iStock



2. Pasta Saus Bolognese

Yang paling cocok untuk saus bolognese adalh pasta yang panjang seperti jenis spaghetti atau fettucine. Rebus pasta dengan air yang cukup banyak agar bisa matang merata. Karena akan diberi saus sebaiknya masak pasta hingga nyaris empuk.

Kabarnya saus bolognese justru tak ada di Bolognese. Prinsipnya saus ini adalah paduan saus tomat dengan daging api. Gunakan daging cincang sedikit lemak agar tak terlalu berminyak.

Jika akan disajikan untuk beberapa kali, paling pas masak saus bolognese dalam jumlah banyak, Bagi menjadi 2-3 kali sajian dan simpan dalam freezer. Saus ini tinggal dihangatkan dan diaduk dengan pasta yang sudah direbus. Tambahkan keju jika suka. Tahapan pembuatan resep ini bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tomat Jagung dan Pasta Bolognese Foto: iStock



3. Chilli Meat Balls

Meat balls atau bola daging yang bagus dan enak adalah bola daging yang empuk juicy. Gunakan daging sapi cincang dengan sedikit lemak dan aduk hingga benar-benar rata. Lebih baik lagi jika mencincang daging sendiri daripada beli di supermarket.

Bola daging bisa digoreng dengan mentega hingga berubah warna. Atau rebus atau kukus hingga matang. Untuk rasa yang gurih enak, paling cocok bola daging dimasak atau ditumis dengan menetega hingga warnanya kecokelatan.

Saat memasak dengan bumbu pedasnya, gunakan api kecil agar bumbu dan saus meresap tanpa membuat daging jadi kering dan keras. Tambahkan paprika atau cabai merah bubuk jika suka rasa pedas menggigit. Langkah pembuatannya bisa dilihat di resep ini.



Simak Video "Berburu Sarapan Pagi di Pasar Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)