Masak Apa Hari Ini : Soto Lamongan dan Krengsengan Khas Jawa Timur

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 14 Feb 2020 08:30 WIB
Soto Lamongan Foto: Istimewa
Jakarta -

Masakan khas Jawa Timur yang gurih pedas selalu menarik selera. Dari soto Lamongan yang populer, tahu tek yang gurih hingga krengsengan yang manis gurih.

Jawa Timur dikenal sebagai daerah terluas di Pulau Jawa. Daerah ini kaya akan hasil laut sehingga kulinernya banyak memakai seafood. Cita rasa makanannya cenderung gurih sekaligus pedas menyengat.

Aneka soto sangat populer di Jawa Timur, seperti soto dari daerah Lamongan yang dikenal gurih dengan taburan poyah. Bahkan soto ayam berkuah kuning ini populer di luar Jawa Timur karena enaknya.

Krengsengan merupakan olahan daging sapi dengan kuah kental. Uniknya selain memakai cabai, juga ditambahkan kecap manis dan petis udang. Sudah terbayang rasa manis gurih yang pekat.

Tahu di Jawa Timur disajikan menjadi beragam olahan. Selain tahu campur berkuah sedap juga ada tahu tek. Meski mirip omelet, tahu tek disiram kuah kacang yang renyah, gurih sekaligus pedas.

Menu Jawa Timuran ini bisa jadi ide untuk sajian keluarga Anda. Sekali-sekali coba sajikan menu yang berbeda agar keluarga tak bosan menyantapnya.

Masak Apa Hari Ini : Soto Lamongan dan Krengsengan Khas Jawa TimurFoto: Tastemade



1. Soto Ayam Lamongan

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur merupakan asal soto ayam berkuah kuning ini. Tetapi karena kelezatannya, soto ayam inipun berkelana hingga ke berbagai kota di Indonesia. Biasa dijajakan dengan gerobak di pagi hingga siang hari.

Racikan soto ini terdiri dari suwiran ayam, suun, kol dan irisan tomat. Yang unik soto ini sitaburi dengan koya, kerupuk udang dan bawang yang digerus halus. Koya ini yang bikin soto ayam ini kuahnya makin enak.

Rahasia kelezatannya terletak pada pilihan ayamnya sebagai kaldu dan isian soto. Pakai ayam kampung yang besar berlemak atau ayam negeri yang besar. Selain dagingnya tebal juga membuat kaldu rasanya lebih gurih kuat. Kalau ingin membuat soto ayam ini, cek bahan dan cara membuatnya di sini!

Masak Apa Hari Ini : Soto Lamongan dan Krengsengan Khas Jawa TimurFoto: detikfood



2. Tahu Tek

Olahan tahu ini populer sebagai jajanan kaki lima. Biasanya tahu digoreng saat dipesan sehingga hangat mengepul saat disantap. Diberi kuah kacang yang dicampur dengan kecap manis sehingga rasanya gurih manis dan pedas.

Pilih tahu China yang putih dan halus teksturnya. Potong taau iris sama besar dan campur dengan telur kocok agar tahu bisa matang bersamaan. Ciri khas tahu tek ini memakai taburan tauge, dan saus kacangnya memakai petis udang.

Petis udang merupakan hasil fermentasi udang yang merupakan produk ulasan seafood khas Jawa Timur. Pilih petis udang yang warnanya cokelat agak terang dengan aroma udang yang enak. Jika tak suka petis udang bisa saja tidak dipakai. Bahan-bahan dan cara membuat tahu tek bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Soto Lamongan dan Krengsengan Khas Jawa TimurFoto: detikFood



3. Daging Krengsengan

Ada yang menyebut jika sajian daging ini dipengaruhi oleh kuliner Madura. Karena pulau Madura berdekatan dengan Jawa Timur. Seperti kebanyakan makanan Jawa Timur, krengsengan juga memakai petis dalam bumbunya.

Untuk mendapatkan krengsengan yang enak bisa dipakai daging sapi dengan lemak. Bisa daging iga atau sandung lamur yang lebih gurih. Dalam proses memasak, gunakan api kecil agar daging empuk bersamaan dengan bumbu yang meresap.

Ada rasa sedikit pedas karena memakai cabai, tambahkan jumlah cabai jika suka rasa lebih menyengat. Olahan daging yang mirip semur Betawi ini makin enak ditaburi bawang merah goreng. Jodohnya tentu saja nasi hangat. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.



Simak Video "Slurrpp! Kuah Bening Soto Lamongan Ini Kaya Rasa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)