Di Tengah Wabah Virus Corona, Pria Ini Selundupkan Dendeng Tikus ke Pesawat

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 11 Feb 2020 14:30 WIB
Dendeng Tikus Foto: China Press
Jakarta -

Di tengah wabah virus corona yang menyebar di Malaysia. Pria ini bikin heboh. Ia tertangkap selundupkan dendeng tikus ke dalam pesawat.

Setidaknya ada 18 orang yang positif terserang virus corona di Malaysia. Karena itu pengamanan pun lebih ketat di bandar udara yang ada di sana.

Di Tengah Wabah Virus Corona, Pria Ini Selundupkan Dendeng Tikus ke PesawatFoto: China Press


Namun baru-baru ini pihak petugas Bea Cukai di Penang International Airport menemukan penumpang yang datang dengan menyelundupkan daging tikus. Dilansir dari The Star (11/02), daging tikus ini sudah dibuat menjadi dendeng atau dikeringkan.

Baca Juga: Sindir Kasus Garuda dengan Selundupkan Kentang, Komika Ini Diapresiasi McD


Setelah ditelusuri lebih lanjut penumpang pria ini berasal dari Kamboja. Ia tidak memiliki surat izin atau dokumen medis tentang dendeng tikus tersebut. Akhirnya penumpang ini pun ditahan. Karena dikhawatirkan dendeng tikus tersebut bisa membawa virus corona.

Di Tengah Wabah Virus Corona, Pria Ini Selundupkan Dendeng Tikus ke PesawatFoto: China Press


Apalagi pria ini tak hanya membawa satu atau dua gram saja melainkan ia membawa 780 gram. Jumlah ini mendekati angka satu kilogram.

Tak hanya dendeng tikus, petugas Bea Cukai juga menahan 59,8 kg mangga yang diselundupkan oleh penumpang asal Thailand. Buah mangga ini bernilai RM 2,565 (Rp 8,470,699). Mangga ini tidak dilengkapi dengan surat ekspor atau impor.

Karena penemuan dendeng tikus dan buah mangga, kedua penumpang ini diamankan untuk investigasi lebih lanjut. Jika mereka terbukti bersalah mereka harus membayar denda RM 100,000 (Rp 330,241,700) atau kurungan penjara selama enam tahun.

Baca Juga: Tak Takut Virus Corona, Orang-orang Ini Tetap Jualan dan Makan Hewan Liar

Di Tengah Wabah Virus Corona, Pria Ini Selundupkan Dendeng Tikus ke PesawatFoto: China Press


Kejadian seperti ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya seorang pria asal Jerman harus diamankan oleh petugas bandara di Berlin. Para petugas menemukan kotak kue dengan plastik transparan yang di dalamnya berisi tempurung kura-kura.

Ternyata pria ini menyelundupkan kura-kura Maroko yang termasuk ke dalam hewan langka. Pria ini juga terancam denda sekitar $55.000 (Rp 786.000.000), dan hukuman penjara selama lima tahun.

Baca Juga: Pria Ini Selundupkan Kura-kura Langka yang Hidup Sebagai Kue



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)