Masak Apa Hari Ini : Sup Bola Ikan dan Ikan Dori Goreng

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 10 Feb 2020 08:30 WIB
fish and chips with french fries Foto: iStock
Jakarta -

Ikan menjadi sumber protein sahabat jantung. Ada beragam olahan ikan laut yang sedap dan enak. Dibuat sup atau digoreng tepung dan dicocol sambal matah. Sedap!

Ikan laut merupakan jenis seafood yang gurih enak rasanya. Selain protein ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Menu ikan laut asal diolah dengan benar bisa jadi sajian yang disukai keluarga.

Fillet ikan kakap atau tenggiri enak dibuat bola-bola yang diberi kaldu dan tambahan sayuran. Anak-anak pasti menyukai bola-bola ikan yang empuk dan gurih ini. Tambahan sayuran akan memberi tambahan asupan nutrisi.

Sementara fillet ikan dori juga enak digoreng tepung. Jenis ikan ini dagingnya tebal dan empuk. Lapisan tepungnya memberi rasa gurih yang renyah. Dicocol saus sambal atau sambal matah membuat rasanya makin gurih enak.

Sayuran jangan dilupakan untuk kelengkapan nutrisi. Kangkung yang renyah segar juga enak dibuat sambal. Rasa pedas asam sambalnya membuat kangkung jadi makin renyah enak. Apalagi ditambah kacang tanah goreng sebagai taburan.

Pilihan resep-resep detikfood ini bisa jadi inspirasi untuk menyusun menu harian keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Sup Bola Ikan dan Ikan Dori Goreng Foto: Ari Saputra/detikcom




1. Sup Bola Ikan

Bola-bola adonan ikan sama enaknya dengan bola daging atau bola ayam. Daging ikan yang tebal seperti kakap atau tenggiri enak dibuat bola-bola atau bakso. Pastikan mendapatkan ikan yang segar agar aromanya tidak anyir.

Bentuk adonan bisa sesuai selera, bulat atau bulat panjang, besar atau kecil. Aduk bahan-bahan adonan hingga benar-benar kalis agar mudah dibentuk dan tidak pecah saat direbus. Jika akan disimpan untuk stok, kukus bola-bola adonan hingga matang lalu dinginkan dan simpan di kulkas.

Untuk kuahnya gunakan kaldu seafood atau kaldu ayam. Tambahkan juga sayuran sesuai selera. Jika akan diberikan pada anak, iris atau potong sayuran kecil-kecil agar mudah dimakan. Cara membuat Sup Bola Ikan ini bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Bola Ikan dan Ikan Dori Goreng Foto: detikfood



2. Ikan Dori Goreng Sambal Matah

Ikan dori kini populer di banyak restoran. Hampir setiap restoran dengan menu Asia punya menu ini. Daging ikan dori yang tebal dan tidak terlalu berlemak mudah diolah dengan aneka bumbu. Ikan dori goreng tepung merupakan salah satu jenis sajian ikan populer di restoran.

Potong fillet ikan dori dengan ukuran sama. Biarkan terendam bumbu beberapa saat agar meresap. Saat menggoreng, celupkan irisan fillet dori dalam adonan tepung satu per satu dan goreng dalam minyak panas dan banyak.

Pastikan ikan dori goreng tepung sudah benar-benar kering baru angkat dan tiriskan. Sebaiknya disajikan dan dinikmati selagi hangat. Jika tak suka pedas bisa dicocol dalam mayonnaise. Tahapan pembuatan ikan dori goreng ini bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Bola Ikan dan Ikan Dori Goreng Foto: Detikfood



3. Sambal Kangkung

Sayuran sederhana ini super gampang membuatnya. Bisa dipakai kangkung sawah atau kangkung cabut. Jika tak suka kangkung bisa diganti dengan daun ubi, daun pepaya muda atau selada air. Bersihkan kangkung, petiki dan cuci dengan air bersih sambil bilas beberapa kali lalu tiriskan.

Untuk mendapatkan warna yang hijau cerah, rebus kangkung dalam air banyak yang mendidih. Tambahkan sedikit soda kue lalu rebus kangkung hingga layu dan berubah warna. Angkat dan tiriskan segera. Rendam langsung dalam air es dan biarkan hingga dingin.

Prose blansir ini untuk mencegah kangkung berubah warna dan agar tetap renyah. Tiriskan sambil peras airnya. Selanjutnya beri topping sambal dan taburi kacang tanah goreng. Cara membuat sambal kangkung bisa dilihat di sini.




Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)