Masak Apa Hari Ini : Soto Daging dan Tahu Goreng Cabe

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 07 Feb 2020 08:30 WIB
ragam soto sapi buat sarapan Foto: Instagram
Jakarta -

Sajian berkuah hangat seperti soto daging bisa jadi pilihan menu yang tepat. Dipadukan dengan tahu goreng renyah berbumbu cabe. Mantap!

Soto merupakan jenis sup khas Indonesia yang tak pernah membosankan karena banyak variannya. Kuahnya gurih enak disantap hangat. Seperti soto daging berkuah kuning yang harum gurih.

Banyak sayuran lokal yang ditanam di halaman bisa jadi olahan enak. Seperti pare yang rasanya renyah sedikit pahit. Ditumis dengan telur bisa jadi lauk yang sedap dinikmati dengan nasi.

Gorengan selalu jadi favorit keluarga. Seperti tahu goreng. Selain diisi sayuran tahu juga enak digoreng tepung garing lalu dibumbui dengan bawang putih dan cabe yang sedikit menyengat.

Meskipun cuaca mendung dan dingin, pilihan menu detikfood ini akan memberi rasa hangat mengenyangkan bagi keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Soto Daging dan Tahu Goreng CabeFoto: detikFood



1. Soto Daging

Selain soto ayam, soto daging sapi juga populer di berbagai kota. Selain daging berlemak juga dipakai jeroan sapi. Untuk bumbunya kecuali bumbu putih juga ada soto daging berbumbu kuning.

Untuk mendapatkan kuah soto yang gurih gunakan daging sandung lamur atau daging dengan lapisan lemak. Rebus bersama bumbunya hingga benar-benar empuk dagingnya dan meresap bumbunya. Gunakan api kecil untuk menjaga kaldunya tetap bening.


Isian soto daging ini bisa diracik sama dengan soto ayam. Berisi suun, tauge, daun bawang, seledri dan taburan bawang merah goreng. Kalau suka bisa ditambah telur ayam rebus atau pindang telur. Jangan lupa sajikan dengan sambal rawit, kecap manis dan jeruk nipis. Resep lengkapnya bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini : Soto Daging dan Tahu Goreng CabeFoto: detikfood


2. Tumis Pare Telur

Pare salah satu sayuran yang punya rasa pahit. Tetapi rasa pahit ini memberi banyak manfaat. Memiliki kandungan vitamin B, E dan K serta sejumlah mineral seperti magnesiun, fosfor, kalsium, zat besi, potassium dan sodium serta seng pare dikenal sebagai sayuran kaya khasiat.

Rasa pahit pare bisa dikurangi dengan cara meremas-remas pare dengan sedikit garam lalu peras hingga keluar airnya. Pare paling enak ditumis dengan tauco atau cabai. Sayuran ini disebut sebagai salah satu rahasia panjang umur orang Okinawa, Jepang.

Rahasia kelezatan tumis pare ini terletak pada telur yang diaduk bersama pare. Gunakan api besar dan aduk cepat agar telur matang tanpa aroma anyir. Tambahan cabai membuat sajian telur ini makin enak. Resep lengkapnya bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini : Soto Daging dan Tahu Goreng CabeFoto: Istimewa



3. Tahu Goreng Bawang Cabe

Tahu yang lembut gurih paling gampang diolah menjadi beragam makanan. Dari salad, sup, tumisan hingga gorengan. Tahu menjadi populer seiring dengan gaya hidup vegan. Kandungan protein dalam tahu bisa menggantikan protein hewani dari daging sapi atau produk hewani lainnya.

Tahu goreng merupakan salah satu jenis olahan tahu yang populer karena rasa gurihnya. Baik digoreng polos, dilapisi tepung atau diberi isian sayuran, tahu goreng tetap disukai. Ini karena rasa gurih renyahnya yang enak.

Untuk mendapatkan tahu goreng yang enak gunakan tahu putih berkualitas. Kokoh dan lembut teksturnya. Bisa digunakan jenis tahu putih organik atau tahu Sumedang mentah. Sebaiknya tahu goreng dengan paduan bawang putih dan cabai ini dinikmati saat hangat. Resep membuatnya bisa dilihat di sini.



Simak Video "Kadedemes, Sajian Jadul dari Kulit Singkong"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)