Masak Apa Hari Ini : Soto Bandung dan Kering Pedas Kentang

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 01 Feb 2020 08:00 WIB
soto bandung buat sarapan Foto: Instagram
Jakarta -

Sekali-sekali sajikan makanan khas Jawa Barat yang sedap. Ada soto Bandung yang gampang dibuat hingga kering kentang pedas yang gurih enak.

Hampir setiap kota di Indonesia punya racikan soto yang khas dan enak. Seperti Soto Bandung yang disukai banyak orang. Soto dari daging yang gampang dibuat ini diberi irisan lobak dan taburan kedelai goreng.

Jika keluarga suka sayuran dan bosan dengan sayuran yang biasa, bisa Anda coba pucuk labu. Daun labu muda ini rasanya renyah segar. Apalagi dipadu dengan udang dan cabai, makin gurih sedap rasanya.

Meskipun sering dijadikan pelengkap, kering kentang yang pedas gurih selalu jadi lauk yang bikin ketagihan. Dimakan dengan nasi hangat saja sudah enak. Rasa gurih, renyah dan pedasnya bikin santapan makin komplet

Rekomendasi resep-resep berikut ini bisa jadi inspirasi untuk menu keluarga di akhir pekan. Masak yuk!

Masak Apa Hari Ini : Soto Bandung dan Kering Pedas KentangFoto: detikFood



1. Soto Bandung

Soto bening ini sangat sederhana bahannya dan gampang dibuat. Jika suka yang berlemak bisa memilih daging sandung lamur yang lebih gurih dan tebal lemaknya. Rebus hingga benar-benar empuk.

Kaldu yang bening merupakan ciri khas soto ini. Selain itu diberi isian lobak yang diiris tipis. Ditaburi kedelai yang renyah gurih, dikucuri air jeruk nipis dan diaduk dengan sedikit sambal rawit rasanya makin gurih segar.

Saat merebus daging sebaiknya gunaka api kecil agar kaldunya bening. Taburkan kedelai goreng saat akan disajikan agar rasanya masih renyah. Ikuti langkah-langkah dalam resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Soto Bandung dan Kering Pedas KentangFoto: detikcom




2. Tumis Pucuk Labu

Pucuk labu tak sepopuler bayam atau dan pepaya tetapi daun muda tanaman labu ini rasanya renyah dan segar. Umumnya diolah sebagai sayur bobor atau sayur gurih karena rasa renyah daunnya.

Saat menyiangi, pilih daun pucuk labu yang muda, petiki juga batangnya yang muda. Daun yang sudah tua agak kasar dan alot. Buang surai yang seperti benang melingkar-lingkar, ambil yang muda saja.

Selain dibuat sayur gurih, daun labu enak ditumis dengan paduan udang dan cabai. Jangan terlalu lama mengaduk dalam wajan agar rasa renyah gurihnya masih terasa. Untuk cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Soto Bandung dan Kering Pedas KentangFoto: detikFood/iStock




3. Kering Pedas Kentang

Kentang bukan saja enak dibuat perkedel atau campuran sup, tetapi juga enak dibuat kering kentang. Kentang diiris tipis kecil, digoreng dengan bumbu dan diaduk dengan bumbu. Rasanya gurih renyah dan pedas.

Rahasia keripik yang renyah terletak pada irisan kentang yang sama tipisnya. Rendam dahulu dengan air yang dicampur dengan air kapur sirih. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kering dan renyah.

Agar tak mudah melempem, setelah dingin kering kentang, simpan dalam wadah bertutup rapat. Kering kentang bisa jadi lauk pelengkap lontong sayur atau nasi rames atau dimakan dengan nasi hangat. Cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.






Simak Video "Masak Masak: Bikin Soto Sapi dan Babat"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)