Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Terung ala Szechuan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 30 Jan 2020 08:30 WIB
ayam goreng mentega Foto: detikFood
Jakarta -

Banyak menu restoran China yang mudah dibuat sendiri. Rasanya tak kalah enak, budgetnya lebih hemat dan makannya lebih puas. Yuk, masak!

Hidangan China dikenal karena bahan-bahannya segar, bumbunya sederhana dan cara membuatnya mudah. Meskipun demikian Anda perlu tahu trik membuatnya agar hidangan China bisa seenak bikinan restoran.

Agar keluarga tak bosan, pilihkan beberapa menu restoran China yang paling favorit. Seperti Ayam Goreng Mentega. Ayam goreng yang manis gurih dengan aroma mentega ini paling enak dimakan dengan nasi putih. Kecap Inggris dan kecap manis jadi rahasia kelezatan sajian ayam ini.

Terung ungu yang biasanya jadi balado terung bisa diolah dengan cara ditumis bersama daging cincang dan cabai. Empuk juicy terong terasa makin enak dengan gurih daging dan sentuhan pedas cabai.

Selain itu Mie Goreng jadi sajian paling disukai anak-anak. Rasanya gurih mulur makin enak dipadukan dengan bakso. Selain bakso bisa ditambah telur dadar dan sayuran. Cabai dan bumbu lainnya bikin mie goreng makin istimewa.



Berikut ini rekomendasi resep harian yang bisa jadi pilihan untuk menu keluarga hari ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Terung ala SzechuanFoto: detikfood



1. Ayam Goreng Mentega

Menu ayam paling favorit dan legendaris ini disukai juga oleh anak-anak. Karena rasanya gurih dengan balutan saus mentega yang manis harum. Ayam biasanya dipotong agak kecil dan digoreng kering.

Rahasia kelezatan ayam goreng mentega ini terletak pada kecap Inggris dan kecap manis sebagai bumbunya. Meskipun memakai nama mentega, biasanya yang dipakai justru margarin yang memberi rasa gurih khas.

Ayam goreng yang garing makin enak dimasak dengan bumbu kecap yang meresap. Sebagai sentuhan akhir, dikucuri air jeruk limau. Kalau ingin membuat snediri seperti rasa buatan restoran, ikuti saja petunjuk pembuatannya di resep ini.


Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Terung ala SzechuanFoto: detikcom



2. Tumis Terung dengan Daging Cincang

Terung ungu paling enak digoreng lalu diberi sambal balado atau sambal lado mudo. Tetapi olahan terung gaya Schecuan ini memakai paduan daging cincang dan irisan cabai merah. Rasanya tak kalah enak.

Agar rasa terung tetap juicy dan segar, terung tidak digoreng terlalu lama. Ditambahkan terakhir setelah tumisan daging dan cabai serta bumbu sudah matang. Rasa bumbu yang gurih kuat bikin terung jadi istimewa rasanya.

Pilih terung ungu yang warnanya gelap merata dan tidka terlalu tua. Jika terung terlalu tua, bijinya banyak dan teksturnya liat. Terung harus digoreng saat akan dicampurkan dengan tumisan daging dan bumbu. Cara pembuatannya lengkap bisa dicek di resep ini!

Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Terung ala SzechuanFoto: detikFood



3. Mie Goreng Bakso

Mie atau Bakmi goreng merupakan hidangan China populer yang ada di setiap restoran China. Tentunya masing-masing punya racikan mie goreng yang berbeda. Tetapi rasanya yang gurih mulur disukai oleh banyak orang terutama anak-anak.

Isian bakmi goreng bisa disesuaikan selera. Bisa dipadukan dengan ayam, seafood, daging hingga aneka daging olahan. Selain itu juga ditambah sayuran seperti sawi, daun bawang, wortel atau daun kol.

Untuk mendapatkan mie goreng yang enak pilih mie telur yang enak. Bisa mie segar atau mie kering. Selain mulur lembut rasa mie telur juga lebih gurih sehingga membuat mie goreng lebih enak. Tahapan membuat mie goreng sangat mudah, ikuti saja petunjuk pada resep ini.






Simak Video "Teci Sukabumi, Rasanya Melekat di Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)