Masukkan Peterseli ke Vagina, Saran Majalah Fashion Ini Tuai Kontroversi

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 28 Jan 2020 15:30 WIB
peterseli dimasukin ke vagina Foto: iStock
Jakarta -

Majalah fashion Inggris ini membuat artikel tentang memasukkan peterseli ke dalam vagina. Konon manfaatnya terkait siklus menstruasi. Seperti apa faktanya?

Dilansir dari Insider (27/1), majalah fashion ternama di Inggris yaitu Marie Claire pernah membuat artikel tips untuk membantu induksi menstruasi. Tips tersebut melibatkan peterseli yang dimasukkan ke dalam vagina.

Mereka menyebut peterseli dapat membantu dalam menginduksi menstruasi agar datang lebih awal. Karena kandungan di dalam peterseli dapat membantu melunakkan dinding rahim dan mengatasi ketidakseimbangan hormon yang bisa menunda siklus menstruasi Anda.

Masukkan Peterseli ke Vagina, Saran Majalah Fashion Ini Tuai KontroversiFoto: iStock

Dalam artikel yang dikeluarkan oleh Marie Claire tersebut juga dicantumkan kalau peterseli akan memiliki efek yang lebih baik jika langsung dimasukkan ke dalam vagina dibanding hanya mengonsumsinya. Padahal faktanya cara tersebut justru membahayakan seorang wanita.

Baca Juga: Ayam Panggang Peterseli

Seorang dokter kandungan bernama Dr. Shazia Malik menjelaskan kalau peterseli yang dimasukkan ke dalam vagina dapat membahayakan seorang wanita. Karena dapat menyebabkan infeksi bahkan fatalnya dapat menyebabkan kematian.

Dr. Shazia Malik mengatakan, "Tidak ada bukti manfaat apapun bagi seorang wanita yang melakukan hal ini, dan sudah jelas risikonya berbahaya karena kematian telah dilaporkan," Ia pun menambahkan untuk mengabaikan saran tersebut dan tidak melakukannya.

Ada laporan dari Science Alert tentang kematian akibat memasukkan peterseli ke dalam vagina. Kematian tersebut dilaporkan pada Agustus 2018 lalu dimana seorang wanita berusia 34 tahun dari Argentina berusaha untuk melakukan aborsi di rumahnya menggunakan metode peterseli di dalam vagina tersebut.

Masukkan Peterseli ke Vagina, Saran Majalah Fashion Ini Tuai KontroversiFoto: iStock

Kejadian tersebut membuktikan praktek menaruh peterseli ke dalam vagina yang dapat menginduksi menstruasi adalah hal keliru. Setelah itu, majalan fashion ternama Marie Claire di Inggris pun menghapus artikel tersebut dan memohon maaf atas tips yang mereka berikan.

Baca Juga: Sering Jadi Hiasan Makanan, Daun Peterseli Ampuh Atasi Kanker



Simak Video "Surga Kuliner Kaki Lima di Belakang Grand Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com