Ada Plester Aroma Bacon Untuk Para Vegetarian yang Ngidam Daging

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Jan 2020 13:00 WIB
plester bacon Foto: istimewa
Jakarta -

Biasanya para vegetarian pemula kerap ngidam makan daging. Agar program makan vegetariannya tidak terganggu, ada plester canggih yang bisa mengatasi masalah ini.

Dikabarkan Insider (28/1) seorang profesor dari Universitas Oxford membuat sebuah plester yang diberi aroma daging bacon. Fungsinya adalah untuk meredam hasrat orang yang ingin menyantap daging.

Plester ini dibuat oleh Charles Spence, seorang profesor psikologi di Universitas Oxford. Spence merupakan ahli spesialis sensorik yang terhubung dengan indera perasa dan penciuman manusia. Untuk membuat plester ini, ia bekerja sama dengan perusahaan makanan nabati Strong Roots.

Ada Plester Aroma Bacon Untuk Para Vegetarian yang Ngidam DagingFoto: istimewa


Baca juga : Burger' Nabati yang Lagi Tren Sebagai Alternatif Burger Sehat


Cara kerja plester ini cukup unik. Para vegetarian yang ingin makan daging cukup menempelkan plester di lengannya. Ketika plester digaruk maka akan muncul aroma yang mirip bacon panggang.

Profesor Spence menjelaskan cara ini dapat membantu vegetarian untuk menurunkan hasrat makan daging. Hanya dengan menghirup aroma bacon panggang, orang seolah sudah bisa merasakan sensasi daging ada di mulutnya.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma dapat mengurangi hasrat makan," kata penulis Gastrophysics: The New Science of Eating.

"Indera penciuman kita sangat terkait dengan kemampuan mencicip, karena itu meskipun hanya mencium aroma makanan, orang bisa merasakan seolah-olah sedang menyantapnya. Cukup membayangkan Anda makan daging maka bisa jadi Anda langsung merasa kenyang," kata Profesor Spence.

Plester dengan gambar bacon yang dicoret ini tengah diperkenalkan oleh beberapa publik figur termasuk salah satunya petinju asal Inggris Tommy Fury.

Ada Plester Aroma Bacon Untuk Para Vegetarian yang Ngidam DagingFoto: istimewa


"Saya telah mendengar banyak tentang Veganuary, dan saya benar-benar ingin mencobanya. Salah satu dari saya resolusi tahun baru adalah mengurangi makan daging," ujar Tommy Fury.

Baca juga : Pencinta Hidup Sehat, Di Sini Ada 5 Burger Nabati Enak


Samuel Dennigan selaku pendiri perusahaan makanan vegetarian Strong Roots mengatakan ini adalah plester pertama di dunia yang dianggap bisa menurunkan hasrat makan daging. Plester ini diharapkan bisa menjadi penolong untuk para vegetarian yang takut program diet vegannya gagal.

Makin banyaknya orang yang menjalani pola makan vegetarian membuat banyak perusahaan kuliner berlomba menyajikan makanan alternatif. Mulai dari burger vegetarian, tuna vegetarian dan berbagai makanan vegan lainnya yang terbuat dari bahan nabati.



Simak Video "Asyiknya Makan Burger Kekinian yang Bisa Diracik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)