Burger Kaki 5 dan Bintang 5

'Burger' Nabati yang Lagi Tren Sebagai Alternatif Burger Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 18:40 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Doyan burger tapi tak mau makan daging? Maka burger vegan bisa jadi solusinya. Patty burger tidak dibuat dari daging sapi melainkan bahan nabati.

Kecintaan seseorang terhadap burger kadang harus terhalang aspek kesehatan atau lingkungan. Sebab penggunaan daging sapi sebagai bahan utama patty burger menyisakan banyak hal. Dari sisi kesehatan, misalnya, mereka yang hendak kurangi konsumsi daging merah tak mau lagi konsumsi produk turunannya seperti patty burger.

Sementara dari sisi lingkungan, banyak orang mulai menyoroti peternakkan sapi yang berdampak buruk bagi lingkungan. Mulai dari emisi gas rumah kaca sampai banyaknya air yang dibutuhkan dalam proses peternakkan tersebut.

Berangkat dari hal ini, para ilmuwan berusaha mengembangkan burger nabati yang menggunakan 'daging' nabati sebagai bahan pembuatan patty burgernya. Jenis 'daging' ini dinilai lebih sehat dan ramah lingkungan. Produknya pun mulai beredar luas di luar negeri terutama Amerika Serikat.

Lantas seperti apa kisah burger nabati? Bagaimana cara membuat alternatif patty 'daging' yang rasa dan teksturnya menyerupai patty daging asli? detikFood merangkum informasinya seperti berikut. (adr/odi)