Masak Apa Hari Ini : Sambal Kerang dan Perkedel Tahu

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 27 Jan 2020 08:30 WIB
Foto: Odilia WS
Jakarta -

Awali pekan ini dengan sajian yang menggugah selera. Rebung yang sedang musim bisa dibuat sayur gurih. Kerang dara juga enak dibuat sambal yang menggigit pedas.

Perubahan musim membuat banyak virus berkembang. Karenanya keluarga perlu mengasup makanan yang bernutrisi agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Selain suplemen ada banyak makanan enak yang punya nutrisi pendukung daya tahan tubuh.

Pucuk bambu muda atau rebung yang sedang musim mengandung banyak mineral, serat dan vitamin. Rasanya yang renyah segar enak dibuat sayur dengan kuah santan dan bumbu yang kunyit gurih.

Seafood segar merupakan sumber protein dan mineral yang baik dikonsumsi agar sistem daya tahan tubuh tetap kuat. Seperti kerang dara yang diolah dengan sambal yang pedas menggigit dan sedikit asam rasanya jadi makin enak.

Sementara tahu sebagai sumber protein nabati yang mudah diolah jadi beragam lauk, enak dibuat perkedel. Campuran udang membuat rasa tahu makin gurih enak. Apalagi saat masih hangat.

Tiga hidangan rekomendasi detikfood ini bisa jadi pilihan untuk mengawali pekan yang masih dibayangi hujan ini.

Masak Apa Hari Ini : Sambal Kerang dan Perkedel TahuFoto: detikFood



1. Gulai Rebung Ikan Tenggiri

Rebung selalu muncul di awal musim hujan. Tanah yang lembap membuat pucuk bambu tumbuh subur. Pucuk bambu kuning rasanya renyah dan sedikit manis. Sangat enak dibuat masakan dengan paduan santan yang gurih alami.

Gulai rebung gaya Sumatera ini memakai bumbu kunyit. Dipadukan dengan ikan tenggiri yang kaya protein dan asam lemak omega3. Selain ikan tenggiri bisa dipakai ikan pari asap atau ikan tuna yang diasap atau dipanggang.

Agar rasanya empuk dan tak beraroma kecut, pilih rebung kuning yang muda. Rebus beberapa saat dengan air kelapa hingga benar-benar empuk dan aromanya segar. Tiriskan dan olah dengan bumbu gulai. Resep dan langkah pembuatannya bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sambal Kerang dan Perkedel TahuFoto: iStock


2. Sambal Kerang Dara

Kerang-kerangan merupakan jenis seafood yang kaya protein dan rasanya gurih enak. Rasanya kenyal gurih dan paling cocok diolah dengan bumbu yang kuat atau pedas rasanya.

Pemakaian cabai dan bumbu yang meresap membuat rasa kerang yang kenyal makin gurih sekaligus pedas. Masak dengan api kecil agar kerang empuk bersamaan dengan bumbunya yang meresap sempurna.

Pilih kerang dara yang segar atau hidup, masih sedikit terbuka cangkangnya. Cuci dan sikat kulit kerang dara hingga bersih dari kotoran lalu rebus hingga terbuka cangkangnya dan angkat. Lalu cungkil dagingnya. Bisa juga beli daging kerang yang sudah dikupas tetapi pastinya semuanya segar. Untuk mengolahnya, cek resep berikut ini.

Masak Apa Hari Ini : Sambal Kerang dan Perkedel TahuFoto: detikfood



3. Perkedel Tahu dan Udang

Tahu kini jadi makanan vegan yang populer karena makin banyak orang menjadi vegetarian. Tahu mengandung protein nabati yang menyehatkan jantung. Selain itu tahu juga murah dan mudah didapat.

Kalau bosan dengan olahan digoreng atau dipakai sebagai campuran omelet dan sayur tumis, olah saja jadi perkedel. Diberi tambahan udang, perkedel tahu rasanya jadi makin gurih enak. Dimakan hangat sebagai pengiring nasi pasti sangat sedap.

Tahu putih yang bagus kualitasnya jadi kunci kelezatan perkedel ini. Bilas dengan air panas lalu tiriskan tahu. Jika perlu bungkus kain dan tindihi dengan piring yang diberi pemberat agar seluruh cairan keluar. Ini agar adonan perkedel tidak lembek. Untuk membuatnya, ikuti petunjuk resep ini.



Simak Video "Penampakan Bakso Degan Blitar yang Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)