Masak Apa Hari Ini : Sayur Nangka Merah dan Orak-Arik Peda

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 23 Jan 2020 06:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -

Masak apa hari ini? Belanja di tukang sayur bisa jadi solusi tanggal tua. Belanjaan di tukang sayur juga bisa jadi sajian enak dan komplet, seperti 3 resep ini.

Meski hanya dijajakan dengan gerobak atau sepeda motor, tukang sayur bisa jadi penyelamat tanggal tua. Ini karena beragam bahan masakan bisa didapat lengkap dengan harga relatif lebih murah. Apalagi bisa membeli jumlah sedikit sesuai kebutuhan.

Untuk itu sebaiknya susun atau pilih menu sedap yang bisa membangkitkan selera makan. Agar lebih hemat, susun menu terdiri dari sayuran berkuah, masakan kering dan gorengan. Meski bahannya sederhana selalu tetap pertimbangkan kecukupan nutrisi. Menu sebaiknya memberi asupan kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin.

Berikut ini rekomendasi menu dan resep yang bisa dicontek untuk menu hari ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Nangka Merah dan Orak-Arik PedaFoto: detikfood



1. Sayur Nangka Merah

Nangka muda sering diolah jadi gudeg. Tetapi pengolahannya perlu waktu lama. Nangka muda bisa diolah menjadi sayur gurih yang enak. Pilih nangka muda yang putih agar lebih cepat empuk saat dimasak.

Tambahan kulit melinjo dan buncis yang renyah bikin sayur nangka ini makin enak. Kalau ada bisa ditambahkan sedikit udang kecil yang segar. Pemakaian santan segar akan membuat sayur nangka ini makin gurih enak.

Jika bersisa dan dipanaskan kembali bisa dimasak hingga santannya mengental. Rasanya mirip gudeg yang pedas gurih. disantap dengan nasi hangat, makin enak. Untuk bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Nangka Merah dan Orak-Arik PedaFoto: detikfood



2. Orak-arik Peda

Ikan merupakan sumber protein yang murah dan sehat. Ikan asin menjadi pilihan olahan ikan yang disukai banyak orang karena gurih asin rasanya. Salah satu yang populer adalah ikan asin peda.

Ikan kembung segar yang diasinkan ini dagingnya cukup tebal. Tukang sayur biasanya menjual dalam bentuk satuan. Pilih ikan asin peda yang masih putih terang warnanya dan daging ikan masih lunak. Ini tanda kalau ikan asin baru dibuat sehingga rasa asinnya tak terlalu pekat.

Ikan asin ini dikukus, disuwir halus dan dibuat orak-arik dengan sedikit santan, buncis, petai dan wortel serta telur. Sebagai tambahan asupan protein. Rasanya makin gurih enak. Langkah pembuatannya juga tak terlalu rumit. Cek resepnya di sini!

Masak Apa Hari Ini : Sayur Nangka Merah dan Orak-Arik PedaFoto: dok. detikFood



3. Bakwan Sayuran

Paduan sayuran dan adonan tepung ini paling disukai anak-anak. Karena rasanya gurih renyah. Bisa jadi pelengkap lauk yang murah dan enak rasanya. Bisa dibuat dari beragam campuran sayuran.

Irisan kol, tauge, wortel, daun bawang dan buncis bisa jadi pilihan campuran sayuran. Tetapi bisa disesuaikan dengan selera. Bisa ditambah serutan jagung manis agar lebih padat isiannya.

Perhatikan cara membuatnya agar mendapatkan bakwan sayuran yang gurih renyah seperti buatan tukang gorengan. Aduk dan campur sayuran dengan bumbu lebih dahulu baru tambahkan tepung terigu dan air. Hal ini akan membuat adonan sayuran tetap renyah dan kering saat digoreng. Cara pembuatannya bisa dilihat di resep ini.



Simak Video "5 Hidangan Istimewa yang Bikin Valentine Makin Berkesan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)