Pecahkan Rekor! Kue Terpanjang di Dunia Ini Panjangnya 6,5 Kilometer

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 20 Jan 2020 16:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Para pembuat kue di India berhasil membuat kue dengan panjang 6,5 kilometer. Kue ini pun berhasil menembus rekor dunia sebagai kue terpanjang di dunia.

Dilansir dari Asia One (16/1), sejarah kembali tercatat, kali ini tentang kue terpanjang di dunia yang ukurannya mencapai 6,5 kilometer. Kue ini dibuat di India dengan melibatkan 1.500 pembuat kue (baker) di dalamnya.

Baker yang mengikuti pembuatan kue terpanjang di dunia ini tergabung di dalam sebuah asosiasi bernama Bakers Association Kerala (BAKE). Pembuatan kue ini diadakan di kota Thrissur, Kerala, India.

Pecahkan Rekor! Kue Terpanjang di Dunia Ini Panjangnya 6,5 KilometerFoto: Istimewa

Kue dengan panjang mencapai hingga 6,5 kilometer ini merupakan kue bolu rasa vanila yang diberikan krim berwarna cokelat muda. Tak hanya panjang, kue ini juga cukup lebar dan tebal.

Baca Juga: Wouw! Tumpukan 260 Layer Cake Ukuran Jumbo Ini Pecahkan Rekor Dunia

Soal berat, kue terpanjang di dunia ini memiliki bobot hingga 59.500 pounds atau 27 ton. Hal ini karena kue sangat panjang dan lumayan tebal yaitu sekitar 10 cm.

Namun kue sepanjang 6,5 kilometer ini belum diresmikan langsung oleh Guinness World Record, karena masih menunggu beberapa konfirmasi. Kue terpanjang di dunia ini akhirnya berhasil mengalahkan kue terpanjang di dunia pada tahun 2018 lalu.

Pecahkan Rekor! Kue Terpanjang di Dunia Ini Panjangnya 6,5 KilometerFoto: Istimewa

Saat itu kue terpanjang di dunia memiliki panjang 3,2 kilometer. Jenis yang dibuat saat itu adalah fruitcake. Kue terpanjang di dunia tahun 2018 itu mendapat pengakuan dari Guinness World Record. Dibuat oleh baker China dari kota Zixi County yang berlokasi di provinsi Jiangxi.

Baca Juga: Kota Naples Akan Buat Pizza Sepanjang 2 Km untuk Pecahkan Rekor Dunia

Simak Video "Bikin Laper: Review Warung Korea Pop di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com